AMP Minta Pemda Sinjai Denda Pembuang Sampah Sembarangan

Koordinator AMP Sinjai, Rola Suryanama

SINJAI, Suara Jelata— Aliansi Mahasiswa dan Pemuda (AMP) Sinjai mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sinjai membuat Peraturan Daerah (Perda) pengenaan denda terhadap pelaku pembuang sampah di sembarang tempat.

Kordinator AMP Sinjai, Rola Suryanama mengatakan jika sudah saatnya untuj membuat peraturan daerah tentang pengenaan denda terhadap pelaku pembuangan sampah di sembarang, tempat khususnya di tempat tempat wisata maupun ditempat umum.

“Kemarin saya dengan teman-teman AMP berkunjung ke beberapa spot wisata yang ada di Kabupaten Sinjai, seperti di Pulau Larea-rea Kecamatan Pulau Sembilan. Tempatnya disana menarik, akan tetapi kesadaran pengunjung baik dari luar maupun dari Kabupaten Sinjai untuk menjaga kelestarian dan kebersihan tempat tersebut yang kurang,” Ungkapnya. Jumat, (11/01/2019).

Baca Juga:  Andi Seto Asapa Sebut Piala Adipura Juga Kinerja Sabirin Yahya

Menurutnya, sampah plastik yang berserakan seperti bekas kemasan air dan kantong makanan itu sudah sangat mengurangi keindahan di tempat wisata tersebut.

Padahal ada tempat sampah yang sudah disediakan pengelola, tapi memang kesadaran pengunjung yang kurang dan mungkin juga pengelola yang kurang tegas.

Baca Juga:  FEHI IAIM Sinjai Mantapkan Persiapan Hadapi Semester Genap

“Kta ingin bersama-sama bagaimana objek objek wisata di daerah kita ramai di kunjungi, tapi kalau seperti ini terus, minat wisatawan akan berkurang,” Kata Rola.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada DPRD dan Pemda Sinjai untuk segera memberlakukan Perda terkait pengenaan denda bagi pembuang sampah di sembarang tempat, jika sudah ada pemerintah harus tegas dalam pemberlakuannya.

“Siapa lagi yang menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan kalau kita semua tutup mata pada persoalan persoalan seperti ini,” Kuncinya.

Aisyah