Curhatan Kisah Hidup Fang Iful

Fang Iful
  • Whatsapp
Fang Iful

RENUNGAN, Suara Jelata— Saya menjadikan seberapa besar kita bermanfaat bagi orang lain itu sebagai pondasi hidup saya untuk menjadikan kesuksesan saya agar tetap kokoh untuk sampai kapanpun.

Saya yang baru-baru ini mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dan pernah kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bone.

Baca Juga

Sebagai mahasiswa dengan jurusan pendidikan guru sekolah tentu saja menjadi suatu kebanggaan dan kesuksesan dalam hidup saya, karena ilmu yang bermanfaat dan pengabdian sebagai guru tentu nantinya tidak pernah berhenti dibutuhkan oleh orang lain.

Pada saat yang seperti inilah sesungguhnya kesuksesan dalam hidup saya diuji, sebagai seorang sarjana, seberapa manfaatkah saya untuk orang lain saat ini? Seberapa manfaatkah saya untuk kehidupan mendatang? Menikah dan berumah tangga pastinya.

Saya harus memanfaatkan identitas saya sebagai sarjana dengan sebaik mungkin. Seperti saat ini yang sedang saya jalankan, saya memegang tanggungjawab saya sebagai Ketua Bidang Lingkungan Hidup HMI cabang Sinjai, LSM Sinjai Pedas, SEMMI, dan lain-lain.

Bidang ini tentunya sangat berguna untuk semua orang, terutama untuk masyarakat Sinjai, walaupun mendampingi masyarakat melalui demo di jalanan.

Menurut saya, bagian terpenting dari sebuah kesuksesan yang bermanfaat adalah usaha yang dilakukan seseorang dengan penuh manfaat.

Usaha dan proses yang dilakukan seseorang itu sangat penting dari pada sebuah hasil.

Hal ini menjadikan sejauh mana usaha yang saya lakukan untuk menjadikan kesusksesan yang diraih bisa dinikmati oleh diri saya sendiri, dan juga bisa dinikmati oleh orang lain adalah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam bagian hidup saya.

Untuk masalah hasil dari usaha yang dilakukan, biarkan orang lain yang menilai.

Menyadari hal tersebut, hidup saya menjadi lebih termotivasi untuk selalu senantiasa berbuat yang terbaik kepada orang lain dengan menerima bagaimana pun hasil diakhirnya.

Karena hasil yang baik pasti muncul dari sebuah usaha yang baik pula, maka selalu lakukanlah usaha yang terbaik untuk menjadikan kesuksesan kita bermanfaat untuk sesama.

Penulis: Fang Iful, Ketua Bidang Lingkungan Hidup HMI cabang Sinjai

Loading...
loading...
  • Whatsapp

Berita Lainnya