Peringati Isra’ Mi’raj 2023, Korem 072/Pamungkas Gelar Istighosah Kubra Secara Virtual

KOTA YOGYAKARTA DIY, Suara Jelata Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj 2023 Korem 072/Pamungkas menggelar kegiatan Istighosah Kubra secara virtual yang dipimpin Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, S.I.P. Acara diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Makorem 072/Pamungkas bertempat di Masjid Al Hidayah Makorem 072/Pamungkas, Jalan Reksobayan No. 4, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, Minggu (19/02/2023).

Kegiatan Istighosah Kubra secara virtual terpusat di Masjid Agung Cianjur Jawa Barat dihadiri oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurahman, Pangdam III/Siliwangi, Kapolda Jabar, Wakil Gubernur Jabar, Bupati Cianjur dan Forkopimda Kabupaten Cianjur.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh TNI AD bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan mengambil tema “Dzikir dan Doa Keselamatan Bangsa Momentum Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW” yang diikuti secara virtual oleh seluruh jajaran TNI AD.

Tidak hanya dzikir dan doa bersama, kegiatan Istighosah Kubra diawali dengan melaksanakan salat Subuh berjamaah, Khotmil Quran dan Shalawat Nabi serta pembacaan ayat suci Al-Quran. Selain itu juga diisi dengan tausiyah oleh para ustadz.

Di antaranya K.H. Ahmad Zubaidi, M.A. (Ketua Komisi Dakwah), Habib Nabil Al-Musawwa (Wakil Ketua Komisi Dakwah), K.H. Ahmad Zubaidi M.A. (Ketua Komisi Dakwah). Kemudian K.H. Abdul Latif (Ketua Komisi Seni dan Budaya MUI), K.H. M. Cholis Nafis, Ph.D (Ketua MUI Bidang Dakwah) dilanjutkan Dzikir masahabah dan doa dipimpin oleh K.H. Misbahul Munir.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Dr. Dudung Abdurachman dalam sambutannya menyampaikan bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Peristiwa itu merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW.

“Dalam peristiwa tersebut mendapat perintah untuk melaksanakan salat lima waktu dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” terang Kasad.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan melalui peringatan Isra’ Mi’raj jadikan momentum untuk mempererat kesatuan dan persatuan bangsa. Diharapkan TNI AD selalu berada di tengah-tengah masyarakat dalam mengatasi kesulitan rakyat.

“Dibutuhkan kerja sama dan toleransi kehidupan beragama dalam menjalin sinergitas TNI AD dan para komponen bangsa lainnya dalam menghadapi tantangan bangsa di masa depan,” pungkasnya.

Kegiatan Istighosah Kubra dihadiri oleh Kasiren Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Fendri Noviyanto Raminta, Kasiops Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf M. Ibrahim Mucthar Maksum. Juga Kasipers Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Wawan Indaryanto, Kasilog Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Cpl Achmad Djuliardi. Serta Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 072/Pamungkas, perwakilan Polda DIY Kompol Khundori dan Kanwil Kemenag DIY Aminuddin. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.