173 ASN Sinjai Pelatihan Bela Negara di Pakkatto

173 ASN yang mengikuti pendidikan bela negara

SINJAI, Suara Jelata— Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai, DR. H. Muchlis Isma, melepas secara resmi peserta Pendidikan Bela Negara Kabupaten Sinjai Tahun Anggaran 2019 di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sinjai. Selasa, (30/4/2019).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Resimen Induk Kodam XIV Hasanuddin Pakatto dan diikuti oleh 173 orang peserta, dengan rincian 162 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sinjai, Andi Jefriyanto Asapa selaku Ketua Panitia Pelaksana bahwa pendidikan bela negara bertujuan untuk membentuk karakter bela negara serta sebagai bentuk partisipasi aktif rakyat Indonesia.

Baca Juga:  Bersama Relawan, Bhabinkamtibmas Sinjai Barat Lakukan Pemeriksaan Gratis

“Khususnya, pada Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai kekuatan nasional untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman dan hambatan yang makin kompleks demi terciptanya ketahanan nasional yang berwawasan nusantara,” jelasnya.

Sementara, Asisten Administrasi Pemerintahan, DR. H. Muchlis Isma menegaskan bahwa bela negara di era sekarang tidak hanya menjadi tugas TNI POLRI, namun juga menjadi hak dan kewajiban setiap warga negara menghadapi potensi radikalisme dan disintegrasi bangsa.

Baca Juga:  Wujudkan Pendidikan Agama, Pemuda di Karampuang Bulupoddo Lomba MTQ

Oleh karena itu, menurutnya, ASN selaku pamong pengayom dan pelayan masyarakat harus memiliki komitmen untuk menjungjung tinggi disiplin, bekerja keras, dan responsif terhadap aspirasi dan keluhan masyarakat merupakan salah satu bentuk bela negara.

“Kami yakin peserta yang diberangkatkan menuju Pakatto, Gowa hari ini merupakan putra-putri terbaik daerah. Semoga sepulang dari pendidikan bela negara, ada nilai tambah yang diraih, dapat mengimplementasikan ilmu dalam lingkungan kerja dan kehidupan sehari -hari, serta mampu menjadi teladan dalam masyarakat,” kuncinya.

ADV