Mappogau Hanua Masyarakat Bongkong, Wabup: Salah Satu Event Nasional di Sinjai

SINJAI, Suara Jelata– Masyarakat Bongkong, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai menggelar pesta adat Mappogau Hanua. Senin, (4/11/2019).

Pesta adat yang merupakan ungkapan rasa syukur penduduk setempat setelah melaksanakan pesta panen ini menjadi tradisi adat kampung Bongkong secara turun-temurun dan digelar setiap tahunnya.

Memurut informasi, dilaksanakannya prosesi pesta adat “Mappogau Hanua” untuk melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal khususnya yang ada di Kecamatan Sinjai Tengah.

Halnini juga mengangkat dan memperkenalkan potensi wisata budaya bagi wisatawan, meningkatkan solidaritas dan kebersamaan antar masyarakat, dan paling utama mendukung upaya peningkatan jumlah pengunjung wisatawan di Kabupaten Sinjai.

Sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Andi Mandasini menyebut bahwa kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat berbeda di Kecamatan Sinjai Tengah secara bergantian masing-masing di Bongkong, Bola Saohiring dan Caile di Desa Kanrung.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong yang turut hadir, mengatakan bahwa ini merupakan salah satu wujud kepedulian masyarakat terhadap upaya pelestarian kebudayan dan kearifan lokal.

Kata dia, Mappogau Hanua merupakan event budaya yang terselenggara tiap tahunnya dan dilaksanakan secara bergiliran dan sebagai rasa syukur masyarakat terhadap hasil pertanian dan perkebunan.

“Alhamdulillah event ini merupakan salah satu dari 3 event Nasional di Sinjai dan sudah diakui oleh pemerintah pusat yakni, pesta adat Marrimpa Salo, Mappogau Sihanua dan Mappogau Hanua. Event ini melambangkan bahwa Sinjai merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki keragaman budaya yang khas,” Katanya.

Berbagai rangkaian acara memeriahkan pesta adat ini, yakni maggalasyeng, massikkiri, macceccu, prosesi makkere bunga, mappadekko, mappelong uwae hingga manre ade.

Turut hadir dalam kegiatan ini Forkopimda, Staf Ahli Bupati Sinjai, Para Kepala OPD, Camat/Lurah Se-Kab. Sinjai, Para Toko Seni dan Budaya, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, dan Masyarakat Sinjai.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.