JM 1 HW IAIM Sinjai: Mari Mengenal Hizbul Wathan dan Tujuan JM 1

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata– Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GKHW) Kafilah Penuntun Panrita Kitta Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai menggelar Kursus Jaya Melati (JM) 1 se Sulawesi Selatan di Lapangan Sinjai Bersatu, Kabupaten Sinjai pada tanggal 9-13 November 2019.

Sebanyak 27 orang peserta yang berasal dari HW Kafilah Penuntun Universitas Muhammadiyah Palopo 11 orang, MTS dan Madrasah Aliyah (MA) Songing, Sinjai Selatan, Hizbul Wathan Bantaeng dan Kafilah Penuntun Panrita Kitta IAI Muhammadiyah Sinjai.

Baca Juga

Jurnalis Suara Jelata mencoba menelusuri dan mencari tahu, Apa Hizbul Wathan dan apa tujuan Kursus Jaya Melati 1.

Dilansir dari laman resmi Hizbul Wathan, Hizbul Wathan merupakan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah.

HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah.

Pertama kali kepanduan tersebut diberi nama “Padvinder Muhammadiyah” lalu baru pada tanggal 20 jumadil awal 1338 H bertepatan dengan tanggal 30 januari 1920 nama HW (Hizbul Wathan) mulai dikenal mayarakat, yang mempunyai arti “Golongan yang Cinta Tanah Air”.

Masih dilansir dari laman HW, Seiring dengan gejolak politik di negri ini pada tahun 1961 dibentuklah sebuah gerakan kepanduan bagi pemuda yang diberi nama Pramuka sejak saat itu semua kepanduan yang ada di negeri ini dileburkan menjadi satu (Pramuka).

Lalu pada tanggal 10 Sya’ban 1420 H/18 november 1999 M. Pimpinan Pusat Muhammadiyah kembali membangkitkan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW), yang dipertegas dengan keluarnya surat keputusan pada tanggal 1 Dzulhijjah 1423 H/2 februari 2003

Sementara itu, dilansir dari sangpencerah, tujuan pelatihan JM 1 di Hizbul Wathan adalah untuk memberi pelatihan dan pembekalan kepada para pelatih di lingkungan Kwartir Daerah Hizbul Wathan.

Pelatihan Jaya Melati merupakan Kursus Perkaderan di Hizbul Wathan untuk mencetak pelatih-pelatih qabilah dan para alumni Pelatihan Jaya Melati I ini dapat ikut mengembangkan pelatihan di qabilah masing-masing.

Loading...
loading...
  • Whatsapp

Berita Lainnya