Ada Gempa di Tenggara Pulau Sembilan Sinjai, Tidak Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata–Dikabarkan telah terjadi Gempa 2.6 SR pada pukul 20.29 wita di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Minggu, (26/1/2020).

Informasi ini dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG-PGR IV) terjadi Gempa lok: Lok: 4.99 LS-120.71 BT 31 Km Tenggara Kec. Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai.

Bacaan Lainnya

Staf Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Gempa Regional (PGR) Wilayah IV Makassar, Kaharuddin mengatakan mengatakan Pusat Gempa berada di lokasi 4.99 LS-120.71 BT ( 31 Km Tenggara Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai.

“Gempa terjadi pukul 20:29:33 WITA, dengan loksi 4.99 LS-120.71 BT, 31 Kilometer Tenggara Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan di Kedalaman 10 Kilometer,” kata Kaharuddin disadur dari media Gosulsel.

Ia juga menjelaskan bahwa Gempa tersebut terjadi akibat adanya sesar lokal di Timur Kabupaten Sinjai tepatnya di lautan.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, Ahmad Karim membenarkan informasi ini.

“Memang ada gempa, tapi tidak berpotensi tsunami, kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada,”terangnya.

Sementara Syahrul Paesa, Camat Pulau Sembilan mengatakan warganya tidak merasakan getaran.

“Setelah berkoordinasi dengan para Kepala Desa, untuk wilayah Desa Pulau Harapan/ Kambuno, sumber info dari kades dan Kepala Dusun tidak merasakan getaran. Sementara kami masih menunggu laporan dari 3 desa yang lainnya,” katanya.

Takwa/Fatahillah

loading...
  • Whatsapp