OPD Pemda DIY Sepakat Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

  • Whatsapp
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

YOGYAKARTA, Suara Jelata— Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY), wajib meningkatkan kualitas pelayanan. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Hal ini terungkap dalam Forum OPD yang dipimpin oleh Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Drs. Imam Pratanadi, M.T.

Muat Lebih

Bertempat di Ruang Abimanyu Unit IX, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Imam mengatakan, dalam Pemendagri Nomor 86 Tahun 2017 tercantum, penyusunan program kegiatan OPD harus dilaksanakan dari dua tahun sebelumnya.

Untuk itu, kegiatan penyusunan perencanaan sudah dimulai sejak tahun 2019, dan saat ini sudah memasuki pada tahap Forum OPD. Forum OPD ini tujuannya untuk singkronisasi pelaksanaan program daerah dalam merumuskan program kegiatan sesuai dengan fungsi-fungsinya, serta menerima masukan dari stakeholder dalam perumusan program ke depannya.

“Karena itu, kita himbau agar usulan perencanaan harus diselaraskan dengan visi misi Gubernur DIY dan pimpinan daerah DIY. Pada Sidang Paripurna Istimewa tanggal 2 Agustus 2017, Gubernur DIY sempat memaparkan pidato visi misi dengan tema (Menyongsong Abad Samudra Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja), dengan misi (Lima Kemuliaan) atau (Panca Mulia)” urai Imam.

Imam pun menyampaikan terkait sasaran dan target indikator sasaran, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan tamu dan pimpinan, serta meningkatkan kualitas informasi Pemda DIY kepada masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Subbidang Administrasi Publik Bappeda DIY, Necky Setyarini Budiningrum, M.Si., menyampaikan, tujuan dari Forum OPD ini untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang telah disusun dalam rancangan rencana kerja OPD.

Pada Forum OPD ini, Bappeda mengangkat isu strategis yang meliputi peningkatan kualitas informasi Pemda DIY ke masyarakat dan pelayanan tamu dan pimpinan yang meliputi peningkatan koordinasi dalam pelayanan tamu dan S OP pelayanan tamu dan pimpinan.

Sementara itu, hadir dalam forum ini adalah perwakilan dari Paniradya Kaistimewaan DIY, Kepala Inspektorat DIY, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, Kepala Bandiklat DIY, Kepala Diskominfo DIY, Kepala DPAD DIY, Kepala Biro Organisasi Setda DIY.

Laporan: Mhmd

loading...
  • Whatsapp