TB Nurul Jihad Tombolopao Gowa Terima Kunjungan Mahasiswa KKN UINAM

  • Whatsapp

GOWA, Suara Jelata— Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Angkatan 62 posko Desa Tabbinjai mengunjungi Taman Baca Nurul Jihad Tombolopao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Senin, (09/03/2020).

Kunjungan ini dilakukan untuk menjalin tali silaturahmi, saling kenal mengenal, dan membangun hubungan emosional yang kuat antara peserta didik TB Nurul Jihad dengan para mahasiswa.

Bacaan Lainnya

Selain itu, kunjungan ini mampu menjadi gerakan pembaharuan pengetahuan dan pencerdasan kemanusiaan.

“Gerakan pencerahan, pencerdasan melalui literasi berbasis taman bacaan merupakan salah satu langkah untuk mencapai manusia yang cerdas, unggul, mandiri, beradab dan beradat. Gerakan ini sebagian besar merupakan inisiatif masyarakat yang lahir dari keadaan di mana fasilitas pendidikan dan literasi milik negara seperti perpustakaan berjarak dari kebutuhan mereka,” ungkap Gusnady Rahmat, selaku Koordinator Desa.

Lebih lanjut, dia juga memuji gerakan seperti ini, sebab pendiri dan relawannya adalah anak muda. Tentu saja mereka memiliki cakrawala pengetahuan, pemikiran, dan kreativitas yang beragam.

Seperti TB Nurul Jihad yang tidak hanya bertumpu pada program berbasis buku (membaca, menulis, berhitung), akan tetapi aktivitas mereka merambah pada program berbasis non buku seperti kegiatan atau bermain di alam, seni budaya, teknologi dan lain sebagainya.

Kedatangan mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar angkatan 62 disambut hangat oleh pihak Taman Baca serta murid-murid.

“Terima kasih kasih atas kedatangannya di tempat sederhana dan mungil kami. Terima kasih pula karena telah mampu berbagi informasi tentang literasi dan pendidikan kontekstual yang kemudian mampu menghadirkan dan mengenalkan kembali nilai tentang solidaritas, kolaborasi dan mempertahankan ruang hidup bersama,” ungkap Emil selaku Founder TB Nurul Jihad Parang Bebbu.

loading...
  • Whatsapp