Gubernur Sulsel Resmikan Fasilitas Penanganan Covid-19 di Soppeng

  • Whatsapp

SOPPENG, suara Jelata— Gubernur Sulsel H Nurdin Abdullah melakukan kunjungan dan meresmikan fasilitas penangangan Covid-19, di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Soppeng, Rabu (22/4/20).

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng yang menghadirkan fasilitas kesehatan untuk percepatan pengembangan Corona virus, yaitu pemeriksaan Swab.

Bacaan Lainnya

“Kita apresiasi Bupati dan jajarannya, yang punya inisiatif untuk menghadirkan fasilitas kesehatan pemeriksaan virus di Kabupaten Soppeng,” katanya.

Dijelaskan, walaupun pemerintah daerah mampu mengendalikan Covid-19 di Soppeng, tapi patut diapresiasi karena Bupati menyiapkan fasilitas Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat hasil pemeriksaan pasien Covid-19 dan ruang isolasi.

“Hadirnya fasilitas ini, tentu masyarakat merasa lebih tenang, bahwa ketika terjadi ada kasus positif, sudah disiapkan ruang isolasi,” kata Gubernur.

Dia berharap, kedepannya rumah sakit yang dimiliki pemkab Soppeng sudah punya CPR dan invilator pada ruang isolasi.

“Jadi Soppeng ini tidak perlu menunggu lama untuk melakukan langkah-langkah. Banyaknya positif karena lambatnya hasil PCR, dan Soppeng sudah bisa mengatasinya. Kemungkinan besar dari Makassar nanti akan membutuhkan bantuan ke Soppeng agar lebih cepat pemeriksaan hasil swab,” tambahnya.

Fasilitas yang dimiliki Soppeng sendiri, lanjut mantan Bupati Bantaeng ini, akan menjadikan Kabupaten Soppeng sebagai rumah sakit rujukan nantinya.

“Bersyukurlah daerah tetangga Soppeng bisa memanfaatkan fasilitas Isolasi Rumah Sakit dijadikan rujukan dan tempat pemeriksaan Swab,” terangnya.

Dia berharap, dengan adanya fasilitas ini percepatan penanganan Covid-19 di Sulsel dapat terbantu dan sehingga dapat memutus penyebaran virus.

Sementara itu, Bupati Soppeng HA Kaswadi saat mendampingi Gubernur mengatakan, latar belakang hadirnya lab di Soppeng adalah untuk memutus virus corona.

“Ini bentuk perhatian kita untuk memutuskan penyebaran virus Corona” ujarnya.

Untuk menunjang fasilitas yang ada, kata Bupati, pihaknya sudah mengirim tenaga medis untuk membantu melaksanakan pemeriksaan.

Fasilitas yang dimiliki Lab Kesehatan Daerah (Labkesda) ini, menjadikan Soppeng daerah pertama di Indonesia timur yang menyediakan fasilitas Isolasi perawatan pasien Covid-19 dan fasilitas PCR.

“Soppeng kini sudah memiliki PCR untuk pemeriksaan Covid-19 dan ruang isolasi perawatan pasien dan juga ruang perawat. Fasilitas ini semata-mata berupaya antisipasi segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Alat kami insha Allah bisa dimanfaatkan daerah tetangga. Kalau orangnya kami tidak terima dulu.

Laporan: NA

loading...
  • Whatsapp