Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Polda Sulsel, Brimob Bone Gelar Apel Kesiapan

  • Whatsapp

BONE, Suara Jelata— Letak geografis, kerusakan lingkungan dan cuaca ekstrem adalah beberapa penyebab terjadinya bencana alam di suatu wilayah. Datangnya bencana alam ini pun tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

Bencana alam yang datang secara tiba-tiba ini tentunya memiliki dampak yang sangat besar baik itu kerugian materil hingga korban jiwa. Demi meminimalisir dampak tersebut, dibutuhkan kesiapan dari personel dan perlengkapan yang mumpuni.

Bacaan Lainnya

Untuk menjawab tantangan tugas dalam rangka antisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Polda Sulawesi Selatan, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar apel siaga personel dan perlengkapan. Dalam gelaran apel ini, Batalyon C Pelopor juga melibatkan personel dan perlengkapan dari Basarnas Bone dan BPBD Kabupaten Bone. Rabu, (30/09/2020).

Apel siaga ini dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Batalyon C Pelopor, Jalan M.H. Thamrin Kota Watampone, Kabupaten Bone, dengan menggelar kekuatan personel dan perlengkapan dari Batalyon C Pelopor, Basarnas serta BPBD Kabupaten Bone.

Apel siaga ini dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, dan dihadiri oleh Wadanyon C Pelopor AKP. Andi Muh. Syafe’i, Ka Pos Basarnas Bone Mukti Ali, Pasi serta Danki Jajaran Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

Selain menggelar kekuatan personel, perlengkapan dan kendaraan dinas SAR, dalam apel siaga ini juga dilakukan pengecekan kondisi dari setiap perlengkapan yang dimiliki dan juga demo penggunaan perlengkapan SAR seperti mesin pemotong kayu (Chain Saw), alat pemotong besi hidrolik, balon dongkrak hidrolik dan mobil crane milik Batalyon C Pelopor.

Saat ditemui oleh awak media, Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel mengatakan jika apel siaga dilakukan berdasarkan Surat Telegram dari Dankor Brimob Polri dan dijabarkan oleh Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel untuk mengetahui kesiapan personel dan perlengkapan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

“Apel ini digelar atas perintah dari Dankor Brimob Polri, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kita dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam. Selain mengecek kesiapan personel dan perlengkapan, kami juga melakukan demo penggunaan perlengkapan SAR untuk memastikan jika perlengkapan yang digunakan untuk upaya penyelamatan berfungsi dengan baik,” kuncinya.

loading...
  • Whatsapp