Tingkatkan Kesadaran Hukum, YLBHM Adakan Penyuluhan di Desa Parigi Gowa

  • Whatsapp

GOWA, Suara Jelata— Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Makassar (YLBHM) gelar Penyuluhan Hukum di Aula Kantor Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Meningkatkan kesadaran hukum kepada masyarakat merupakan pondasi sosial bagi kehidupan yang berdampingan dengan keadilan.

Bacaan Lainnya

Penyuluhan Hukum bertema tentang “Akses Bantuan Hukum bagi Masyarakat Kurang Mampu/Miskin” ini digelar YLBHM ini dengan bekerja sama dengan Himpunan Pelajar Mahasiswa Gowa (HIPMA Gowa) Koordinatorat Tinggimoncong, Generasi Muda Parigi (GEMPAR), Pemerintah Desa beserta dihadiri puluhan masyarakat Desa Parigi pada Jumat, (02/10/2020) kemarin.

Penyuluhan yang dimoderatori langsung oleh Muh. Taufik, Ketua Umum HIPMA Gowa Koordinatorat Tinggimoncong ini dilaksanakan dengan mengacu pada protokol kesehatan.

Sekretaris Desa, Hizbullah Ardan Dg. Nojeng dalam sambutannya mengatakan, bahwa program peningkatan pemahaman atau sosialisai hukum sudah sebelumnya dicanangkan dalam program desa.

“Melihat kondisi dan setibanya hadir pula dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Makassar beserta pemuda untuk menggelar Penyuluhan Hukum. Darinya itu, kami selaku pemerintah setempat memberikan support atas kegiatan ini. Sekiranya ke depan bisa bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat” jelasnya. Sabtu, (03/101/2020).

Avd. Muh. Safri Tunru, S.Hi., selaku leader YLBHM dan juga narasumber dalam penyuluhan hukum tersebut mengatakan, bahwa kegiatan penyuluhan hukum ini selain peningkatan kesadaran hukum bagi masyarakat, juga sebagai sarana atau akses bagi masyarat kurang mampu untuk kemudian dapat dilaksanakan khususnya dalam lingkup masyarakat desa atau orang yang kurang dalam pemahaman hukum.

Selain itu, kata dia, membangun sinergitas kepada pemerintah untuk kemudian mengaktifkan lembaga bantuan hukum yang diprogramkan oleh pemerintah daerah sebagai program penerapan hukum bagi masyarakat.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan menjadi prioritas, guna untuk mencapai apa yang diharapkan oleh masyarakat kedepannya. Pemahaman hukum, Kebijakan pemerintah, kesadaran hukum hingga Implementasi hukum merupakan hal yang tidak boleh dilalaikan dalam kehidupan sosial” kuncinya.

loading...
  • Whatsapp