Inilah Legislator Yang Jadi Inisiator Salah Satu Promperda 2021

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Bapemperda dalam rapat Paripurna persetujuan program pembentukan perda pada tanggal 26 November 2020 telah menetapkan 7 rancangan Perda yang menjadi Propemperda untuk tahun 2021.

6 ranperda yang diajukan oleh Pemkab Sinjai dan 1 Ranperda yang diajukan oleh Legislator Dapil 4 DPRD Sinjai, Anggota Dewan tersebut adalah Fachriandi Matoa dari Fraksi Partai Gerindra dan Ambo Tuwo dari Fraksi Demokrat.

Bacaan Lainnya

Kedua legislator ini ditahun pertamanya menjabat sebagai anggota legislatif DPRD Sinjai mengajukan Ranperda inisiatif sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan amanah yang diberikan oleh rakyat Sinjai.

Sedianya pada tahun pertamanya mereka akan mengajukan 2 ranperda, masing-masing ranperda bumdesa yang digagas oleh Ambo Tuwo dan ranperda pembangunan kawasan perdesaan Kabupaten Sinjai yang digagas oleh Fachriandi Matoa.

Namun dalam perjalanannya diketahui bahwa ranperda bumdes telah diajukan oleh Dinas PMD dan telah ditetapkan dalam Propemperda tahun 2020 yang dtetapkan pada tahun 2019 sebelum mereka dilantik, sehingga hanya Ranperda pembangunan Kawasan Perdesaan di kabupaten sinjai yang diteruskan untuk Propemperda tahun 2021.

Fachriandi Matoa, mengatakan bahwa DPRD dalam kedudukannya memiliki fungsi legislasi sehingga seorang Anggota Legislatif mesti mengambil peran dan menunaikan amanah tersebut.

“Sebagai anggota dewan yang mempunyai hak legislasi untuk mengajukan Perda inisiatif sebagai pembuktian seorang Legislator, olehnya itu saya bersama Pak Ambo tetap komitmen untuk terlibat dalam peran Legislasi ini dan mengajukan ranperda tentang pembangunan kawasan Perdesaan di Kabupaten Sinjai,” katanya.

Sebagai sebuah peraturan delegasi sebagai mana diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa pasal 84 ayat 3 bahwa Pengaturan Lebih lanjut mengenai perencanaan, pelaksanaan pembangunan Kawasan Pedesaan Pemanfaatan dan Pendayagunaan sebagaimana dimaksud pada Ayat (2) diatur dalam peraturan Daerah Kabupaten/Kota.

Dan sesuai dengan mekanisme di DPRD, maka dalam pengajuan ranperda inisiatif DPRD dipersyaratkan 5 orang anggota dewan yang mengajukan, sehingga inisiator dalam ranperda tersebut adalah Fachriandi Matoa, Ambo Tuwo, Andi Zaenal Iskandar, Andi Jusman dan Kamrianto.

 

loading...
  • Whatsapp