Nelayan di Sinjai Kembali Terima Bantuan, Bupati ASA: Ini Komitmen Kami Untuk Mensejahterakan

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), terus membuktikan komitmennya dalam mensejahterakan nelayan di Kabupaten Sinjai.

Terbukti tahun ini, Bupati ASA kembali menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan terhadap nelayan dan pelaku usaha budidaya perikanan di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Sinjai Utara, Pulau Sembilan, Sinjai Timur, Tellulimpoe, Sinjai Borong dan Sinjai Selatan.

Bacaan Lainnya

Bantuan budidaya yang diserahkan berupa 20 ribu benih ikan Lele, 57 ribu ekor ikan Nila, 6 ribu ikan Fatin, 10 ribu Nener, 60 ribu ikan Benur, pakan ikan 11 ton, pakan udang 1,3 ton, pupuk Urea dan SP 200 Kg serta pompa 2 unit.

Untuk bantuan perikanan, diantaranya 30 unit fish finder (alat pelacak ikan), 50 buah lampu air garam, 20 unit alat navigasi, 20 unit Life jaket, sampan fiber 7, alat jaring tangkap 7 set. Bantuan ini bersumber dari APBN dan APBD Pemkab Sinjai tahun 2020.

Pelaksana tugas (Plt) Dr Mukhlis Isma, mengatakan, bantuan sarana dan prasarana perikanan yang diserahkan ini merupakan salah satu program Bupati ASA yang dicanangkan sejak tahun 2018 lalu dan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah pusat.

Program ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan produktivitas para pelaku usaha perikanan baik nelayan maupun pengusaha budidaya yang pada akhirnya menumbuhkan kesejahteraan masyarakat Nelayan dan Pembudidaya.

Selain itu, mendorong kemandirian kelompok usaha sektor perikanan dan kelautan serta mendorong produktivitas kelompok usaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta untuk menggali potensi daerah.

Menurut Mukhlis yang juga Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai ini bahwa mengukur tingkat keberhasilan pembangunan tidak semata-mata dihitung atau lihat dari seberapa banyak orang diberi bantuan tapi yang terpenting bagaimana multiplayer efek dari bantuan yang dikembangkan itu.

“Bantuan ini tidak serta merta turun untuk kita semua tapi ini memalui perjuangan panjang Pak Bupati mengurus ke Pemerintah pusat (Kementian Red), harapan kita semua dimanfaatkan secara baik bersama dengan anggota kelompok,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati ASA usai menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan mengemukakan potensi perikanan di Sinjai sangat besar, sehingga pihaknya sangat fokus disektor ini dengan harapan bisa meningkatkan sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan yang diserahkan ini tidak lain untuk memperhatikan masyarakat nelayan, yang merupakan salah satu profesi masyarakat di Bumi Panrita Kitta,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai, ini berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan digunakan semaksimal mungkin, guna meningkatkan taraf hidup atau perekonomian masyarakat nelayan.

“Yang paling penting dengan bantuan ini, kesejahteraan masyarakat kita khususnya nelayan bisa lebih baik lagi”, tandasnya.

Kepada nelayan dan pembudidaya perikanan, Bupati ASA meminta kerjasama sehingga program yang ada bisa terus berjalan, tentu didukung dengan data dan inovasi dari nelayan dan pembudidaya dalam membangun sektor tersebut.

“Komunikasi dan komunikasi dengan Kementerian KKP Alhamdulillah terus berjalan, makanya saya berharap sinergitas di sektor ini seperti bisa meningkatkan inovasi dan data (input) yang diperlukan nelayan karena saya tidak bisa berjuang sendiri,” kuncinya.

Diketahui, penyerahan bantuan ini turut disaksikan Ketua DPRD Sinjai Lukman H Arsal, para staf Ahli, para Asisten serta Kepala OPD dan Kepala Bagian Setdakab Sinjai.

Zhar

  • Whatsapp
loading...