Pemkab Torut Masifkan Sosialisasi Pembongkaran Pertokoan Rantepao

News

TORUT, Suara Jelata— Penataan/penertiban pertokoan di Rantepao akan dilakukan. Demi kebaikan masyarakat Torut.

Hal tersebut diungkapkan saat Pemerinta kabupaten Toraja Utara (Torut) menggelar sosialisasi pembongkaran di Kantor Kecamatan Rantepao. Rabu, (13/1/2021).

Kegiatan sosialisasi  ini dibuka langsung oleh Bupati Torut, Kalatiku Paembonan, serta dihadiri oleh Forkopimda, Dinas terkait, ketua dan anggota Forum Masyarakat Adat Ba’lele serta masyarakat pengguna bangunan pertokoan.

Dalan Sosialisasi tersebut, orang nomor satu di Torut menyampaikan bahwa  langkah dari pemerintah dalam hal penataan Kota Rantepao khususnya pertokoan dan art center.

“Sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya atau 3-4 tahun yang lalu, dan hari ini kita akan kembali memulai penertiban ini. Semua ini di lakukan demi kebaikan masyarakat Torut, semua itu agar kota Rantepao, tertata dengan rapi,” katanya.

Kalatiku mengatakan, ketika mengawali penataan kawasan pertokoan dan art center, pihaknya tidak memiliki kelengkapan dokumen atau hanya dokumen inkra saja, tetapi sekarang ini, dokumen-dokumen itu menjadi lengkap.

“Itulah sebabnya, dengan ditemukan dokumen-dokumen ini, dokumen yang memperlihatkan bahwa pemerintah daerah memiliki kewenangan terhadap aset yang sangat bermanfaat ini, maka jelas bahwa status dari pada pertokoan adalah aset milik dari Pemkab,” jelasnya.

Menurutnya, setiap masyarakat yang menggunakan atau yang berjualan di pertokoan, pada saat penertiban/penataan, akan dialihkan atau dipindahkan ke pasar Bolu, sedangkan untuk masyarakat yang datang dari kampung yang menjual hasil karya seni mereka, akan di pindahkan ke bagian selatan terminal Bolu.

Diketahui bahwa sosialisasi ini akan kembali dilanjutkan pada 22 Januari 2021 dan pada pertemuan itu akan diputuskan kelanjutan dari pertokoan Rantepao.

Denis Sayodeno

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.