Tahun ini, 6 BPP di Sinjai Miliki Ruang Data Baru

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP), bakal melakukan perbaikan sarana dan prasarana pertanian berupa perbaikan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di Kecamatan.

Menurut Kepala DTPHP Sinjai, Ir Hj Marwatiah, perbaikan BPP di Kecamatan ini berupa rehabilitasi ruang data untuk mendukung program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostra Tani). Jumlahnya sebanyak enam BPP.

Bacaan Lainnya

“Jadi tahun ini ada enam dari delapan ruang data BPP yang akan direhab, minus BPP Sinjai Utara dan Tellulimpoe. Tujuannya, untuk mendukung Kostra Tani”, kata Marwatiah usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPRD Sinjai, Selasa (19/1/2021).

Rencana rehabilitasi ruang data tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021, dengan alokasi anggaran Rp90 juta untuk masing-masing BPP.

Dengan selesainya ruang data ini nantinya, kata Marwatiah, akan mendukung kerja penyuluh pertanian di Kecamatan untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian.

“Inshaa Allah, dengan ruang data ini nanti kinerja penyuluh kita akan lebih baik lagi untuk melakukan koneksi langsung dengan Kementerian Pertanian (Kementan) karena penginputan data yang bisa langsung connect dengan data Center Kementerian,” sambungnya.

Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pertanian ini juga merupakan salah satu program Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di sektor pertanian sebagai upaya peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Sinjai, sekaligus mendukung kedaulatan pangan nasional.

Selain itu, tahun ini Bupati ASA juga merencanakan membangun bendungan di Sungai Lamole Kecamatan Bulupoddo, guna meningkatkan produksi pertanian serta meningkatkan taraf perekonomian petani.

Taqwa

  • Whatsapp
loading...