Program Unggulan Pemkab Sinjai di Bidang Pendidikan Terus Berlanjut

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Sejumlah program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), bersama Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong dipastikan terus berlanjut di tahun 2021.

Program yang dimaksud ialah program di bidang pendidikan seperti bantuan seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru dijenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Bacaan Lainnya

Program lainnya adalah pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlandaskan iman dan taqwa sesuai misi Pemkab Sinjai.

Keduanya merupakan bukti komitmen Pemkab Sinjai terhadap segala program yang telah dijanjikan kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan, melalui Kasubag Program Dinas Pendidikan Sinjai Muh. Adli Arifin, yang ditemui di Ruang Kerjanya. Kamis, (4/3/2021).

“Jadi program unggulan ini berlanjut dan akan direalisasikan selama satu periode kepemimpinan pak Bupati, dan tahun ini masuk tahun ketiga pelaksanaannya melalui Dinas Pendidikan,” katanya.

Soal jumlah bantuan seragam sekolah, Adli membeberkan masih menunggu daftar siswa baru tahun akademik 2021/2022. Sebab, jumlah bantuan kelengkapan sekolah tersebut berdasarkan jumlah siswa baru dari dua jenjang tersebut.

“Kuotanya masih menunggu daftar siswa baru tahun ini, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Intinya program ini berlanjut,” jelasnya.

Sedang untuk kuota program bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi masih sama dengan tahun sebelumnya yakni 130 orang, diperuntukkan bagi 100 jenjang Strata Satu (S1), 20 Magister (S2) dan 10 Program Doktor (S3).

Menurut Adli, program ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Daerah untuk meringankan beban masyarakat. Apalagi bantuan baju seragam ini juga merupakan program prioritas yang tertuang dalam visi misi Pemkab Sinjai.

“Termasuk bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi sebagai upaya Pemkab Sinjai dalam meningkatkan sekaligus menunjang kualitas pendidikan di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Sebagai gambaran, sejak digulirkan total jumlah penerima bantuan seragam sekolah gratis Pemkab Sinjai sebanyak 13.413 siswa baru di dua jenjang pendidikan tersebut, diantaranya di tahun 2019 sebanyak 6.747 orang dan tahun 2020 sebanyak 6.666 orang.

Sementara jumlah penerima bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi sebanyak 297 orang, dengan rincian 156 orang di tahun 2019 dan 141 orang di tahun 2020.

Taqwa

  • Whatsapp
loading...