Jurnalis di 14 Provinsi Ikuti Workshop Pra UKW

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Lembaga MZK Institute kembali sukses melaksanakan Workshop Pembekalan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti puluhan jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia secara virtual via zoom meeting. Selasa, (27/04/2021).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini di pandu oleh, Marta Syaflina, SE. yang juga merupakan penulis sekaligus wartawan kompeten.

Bacaan Lainnya

Dalam penyampaiannya, Marta menuturkan dalam profesi wartawan UKW sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan yang memilki kompetensi.

“Kegiatan ini memberikan tips bagi peserta bagaimana gambaran dalam UKW, ada puluhan wartawan yang ikut dari berbagai 14 provinsi yang mengikuti pembekalan Pra UKW secara virtual ini, dan ini sudah gelombang ke-7,” tuturnya.

Diketahui puluhan wartawan yang mengikuti kegiatan ini dari Papua, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Sulawesi Selatan, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bangka Belitung dan Sumatera Barat.

Sementara bertindak selaku pemateri dalam pelatihan ini adalah Drs. Agung Santoso, selaku inisiator UKW Mandiri Indonesia, dalam pemaparan materinya mengatakan wartawan adalah profesi yang terhormat.

Dikatakannya, seorang jurnalis adalah pemindai fakta dan pengantar pesan untuk disebarkan kepada masyarakat luas, sehingga menurutnya produk pers menuntut disiplin verifikasi untuk memastikan kebenaran informasi dan keaslian sumber informasinya.

“Kita juga perlu tegaskan bahwa wartawan itu tidak bekerja untuk kepentingan pribadi dan tidak membawa preferensi pribadi, sehingga dalam dunia pers ada kode etik jurnalistik dan UU No 40 Tahun 1999 tentang pers yang kita ketahui semua,” paparnya.

Penulis: Fatahillah
Editor: Muh. Izhar
  • Whatsapp
loading...