Melalui PMM, Kelompok 52 UMM Malang Kembangkan Sambal Ikan Tongkol

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Suara Jelata— Kelompok 52 Universitas Muhammadiyah Malang dalam melangsungkan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ditengah pandemi secara mandiri dengan melaksanakan pengembangan kreatifitas produk sambal ikan tongkol yang bertempat di Desa Sotabar Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Senin, (03/05/2021).

Seperti diketahui, Nelayan di Desa Sotabar Kecamatan Pasean ini memiliki permasalahan yang kompleks, salah satunya yaitu belum optimalnya pengolahan hasil tangkapan ikan. Hasil tangkapan ikan para nelayan yang dijual pada pengepul ikan dihargai dengan sangat rendah.

Bacaan Lainnya

Sitti Fitriatun Ningsih, peserta kelompok PMM 52 UMM mengatakan, bahwa nelayan merasa dirugikan jika menjual hasil tangkapannya sehingga para nelayan lebih memilih untuk menyimpan hasil tangkapan mereka sendiri atau mengolahnya untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

“Ketika hasil tangkapan ikan sangat tinggi, maka harga ikan akan semakin murah, bahkan mencapai Rp. 1000/kg, sehingga banyak nelayan yang mengubur atau membuang hasil tangkapannya daripada menjual ke pengepul,” kata Sitti Fitriatun Ningsih kepada awak media ini. Senin, (03/05/2021).

Hal ini tentu membuat nelayan merugi, selain itu kejadian ini juga membuat banyak nelayan terlilit utang pada rentenir.

“Padahal sebagian besar wilayah Indonesia adalah terdiri dari lautan dan memiliki potensi kelautan cukup besar, dengan potensi yang dimiliki tersebut seharusnya dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat nelayan  yang menggantungkan hidup pada potensi kelautan,” ungkapnya.

Dengan alasan inilah PMM Kelompok 52 UMM Malang, mengembangkan kreatifitas produk sambal ikan tongkol untuk membantu nelayan dalam memproduksi hasil tangkapannya.

Adapun cara memproduksi sambal ikan tongkol dengan cara, rendam tongkol dalam air garam. Goreng sebentar hingga kecokelatan bagian luarnya. Angkat dan tiriskan. Haluskan bumbu sambal kecuali lengkuas dan daun salam. Tumis bumbu hingga harum, masukkan lengkuas dan daun salam, masak hingga bumbu matang. Masukkan tongkol dan aduk rata dengan sambal.

Penulis: Hanafi
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...