Peringati Hari Lahir Pancasila, Mahasiswa Alimka Kapedi Gelar Kajian Kebangsaan

  • Whatsapp

SUMENEP, Suara Jelata— Memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Juni, untuk mengenang dan mengenang jasa-jasa perjuangan para pahlawan yang telah melahirkan pancasila, Aliansi Mahasiswa Kapedi (Alimka) gelar Kajian Kebangsaan yang bertajuk “Refleksi Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2021”.

Kajian itu bertempat di Desa Kapedi, Dusun Aeng Pa’ak, Kecamatan Bluto, Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Selasa, (01/06/2021).

Bacaan Lainnya

Kajian kebangsaan ini mengundang langsung Zeyn Ar-Rahman, S. Ag mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia sebagai pemateri yang dimoderatori oleh Mahasiswa IAIN Madura asal Kapedi Sumenep yakni Mufti Umam Al-Fajri.

Dihadiri oleh Ketua Umum Alimka, puluhan mahasiswa Kapedi, dan Guru Instruktur Metode Tilawati.

Ketua Umum Alimka, Moh. Anwar mengatakan tujuan diadakan kajian kebangsaan tersebut adalah bagaimana mahasiswa dapat mengingat kembali hari lahir Pancasila.

“Bagaimana kita sebagai mahasiswa sebagai pemuda ini agar tetap melestarikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila untuk Indonesia lebih bermartabat” kata Anwar, sapaan akrabnya.

Mahasiswa yang aktif di HMI Insan Cita IAIN Madura ini berharap, bahwa mahasiswa maupun pemuda agar dapat menumbuhkan semangat juang dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila.

“Sehingga, cita-cita luhur yang menjadi tujuan dari Pancasila itu sendiri tertanam, khususnya untuk para pemuda dan umumnya masyarakat luas” jelasnya.

Sementara Pemateri, Zeyn Ar-Rahman S. Ag berpesan terhadap mahasiswa maupun pemuda di Desa Kapedi agar dapat merefleksikan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga dapat mengenang jasa pahlawan sebagai penghargaan besar kita terhadap mereka yang telah memperjuangkan Indonesia, karena berkat pahlawan Indonesia pula dapat dirumuskanlah dasar negara yaitu Pancasila” pungkasnya.

Penulis: Hanafi
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...