Ombak Besar Akibatkan Nelayan Tak Melaut, Bupati Kebumen Beri Bantuan

  • Whatsapp

KEBUMEN, Suara Jelata— Para nelayan di pantai Pedalen, Kecamatan Ayah,  Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah tak bisa melaut. Pasalnya, gelombang besar menerjang pesisir selatan Kebumen dalam minggu ini.

Bahkan, ada beberapa kapal mereka yang rusak parah karena dihantam ombak, bahkan terbawa arus dan terhantam batu tebing pantai. Kondisi ini turut menjadi perhatian Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.

Bacaan Lainnya

Bersama Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih, Bupati menyempatkan diri mendatangi para nelayan di Pantai Pedalen. Bupati melihat langsung banyaknya kapal yang ditambatkan di bibir pantai, tidak beroperasi. Adapaun kapal yang rusak, Bupati menyatakan siap untuk membantu perbaikan.

Perwakilan nelayan, Kurniawan mengatakan, Bupati melihat langsung ada lima kapal yang rusak, dua masih bisa diperbaiki dan tiga kapal tidak bisa diperbaiki karena kerusakannya cukup berat.

“Bupati akan membantu perbaikan kapal melalui Dinas Perikanan dan Kelautan” ujar Kurniawan menirukan Bupati, Sabtu (17/07/2021) sore.

Untuk kapal yang bisa diperbaiki, diperkirakan menelan biaya Rp3 juta untuk satu kapal. Sedangkan untuk pembelian satu kapal baru sebesar Rp16 juta. Pemkab kata Bupati, akan memberikan bantuan kepada nelayan permodalan untuk mereka.

Kurniawan mengaku hasil tangkapan nelayan banyak dibeli dengan cara hutang dulu, tidak langsung cash. Kadang nelayan tidak punya simpanan uang, sehingga pihaknya sangat berterimakasih atas perhatian dan bantuan Bupati Kebumen.

“Saya pribadi dan juga para nelayan mengucapkan terima kasih, Pak Bupati yang mau mengupayakan adanya bantuan perbaikan kapal ini. Sementara ini, kita memang tidak bisa bekerja karena kapal rusak. Dalam situasi yang sulit ini, bantuan dari Pak Bupati menjadi sangat berharga bagi kami” ucap Kurniawan.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Iwan
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...