Bupati Sinjai: Pilkades Akan Digelar Akhir Tahun, Sekaligus Dijadikan Evaluasi Untuk DP3

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Bupati Sinjai, Andi Seto Gadishta Asapa mengungkapkan, pemilihan kepala desa (Pilkades) Kabupaten Sinjai akan dilaksanakan diakhir tahun 2021 ini.

Keterangan tersebut diungkapkan, saat memberikan sambutan pada kegiatan coffee morning dan penandatangan Naskah MoU Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), di kantor KPU Kabupaten Sinjai. Jumat, (23/07/2021).

Bacaan Lainnya

Sebelumya dalam sambutannya ASA mengatakan, DP3 ini perlu dilihat bagaimana perkembangannya, agar nantinya bisa menjadi percontohan bagi desa-desa yang lain, untuk meningkatkan kesadaran politik masyarakat yang ada di desanya

Pemerintah daerah bisa membantu KPU di dalam menyosialisasikan kepada masyarakat yang ada didua desa, yang menjadi desa DP3.

“Muaranya memang di desa, mudah-mudahan kita berangkat pada percontohan pilkades yang akan dilaksanaakan di akhir tahun, sekitar 57 desa,” ungkap ASA.

Ia kembali bilang, ke depan di dua desa tersebut nantinya akan dilihat seperti apa dampaknya, sekaligus bagaimana sambutan dari masyarakat.

“Juga akan dilihat bagaimana interaksi KPU dengan teman-teman yang ada di dua desa ini. Di mana, hasil dari dua desa ini nantinya akan dievalusasi yakni, akan dilihat bagaimana potensinya apakah bisa dilakukan di seluruh desa. Saya pikir, jika memungkinkan kenapa tidak, kita bentuk di seluruh desa,” tuturnya.

Ia menyebut, seandainya Pilkades bisa dilakukan di awal tahun, sekiranya DP3 ini dapat dievaluasi.

“Hanya saja pilkades tahun ini, diselenggarakan nanti di akhir tahun. Meskipun itu tidak ada kata terlambat. Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama Pemerintah dengan KPU masyarakat bisa lebih mengerti pentingnya berpastisipasi dalam pemilu,” paparnya.

Lebih lanjut Ia bilang, berharap pemilu yang akan datang, semakin meningkat lagi partisipasi pemilih.

“Karena dinyakini legatimasi orang-orang yang terpilih ini semakin kuat. Insya Allah bisa mewakili seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sinjai,” sebutnya.

Tentunya terkait pelaksanaan Pilkades yang disebutkan Bupati Sinjai ini berkesesuaian dengan yang disampaikan Dinas PMD Sinjai.

Di mana, beberapa bulan sebelumnya,
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Andi Haryani Rasyid selalu menyebutkan, Pilkades akan digelar pada Oktober 2021 mendatang.

“Insya Allah, akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021,” sebutnya.

loading...