Polda Sulsel Bantu Nakes Lacak Kontak Langsung Pasien Covid-19

  • Whatsapp

MAKASSAR, Suara Jelata— Polda Sulsel terus melakukan pelacakan kepada orang-orang yang kontak erat pasien Covid-19. Selasa, (17/08/2021).

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes pol E. Zulpan mengatakan bahwa personel Polda Sulsel Komitmen terus membantu pelacakan kontak erat pasien Covid-19 hingga di wilayah pedesaan.

Bacaan Lainnya

“Ya kami TNI -Polri diberi tugas untuk melaksanakan pendampingan dalam tracing (pelacakan) kontak erat,” kata E. Zulpan.

Seperti yang dilakukan Personil Polsek Penrang Polres Wajo, bersama Babinsa setempat yang mendampingi petugas Puskesmas Doping melakukan tracing di rumah warga yang terkonfirmasi Covid di desa Lawesso kecamatan Penrang kabupaten Wajo.

“Tracing yang dilakukan oleh Satgas Covid 19 guna memutus mata rantai covid 19 agar tidak menyebar atau menular,” ujarnya.

Selain tracing, juga dilakukan tes Swab guna mengetahui terpapar Covid-19 atau tidak. Maka dari itu Kanit Intel dan Babinsa mendampingi agar berjalan dengan lancar.

Selanjutnya E. Zulpan, menjelaskan pelacakan dilakukan pada setidaknya 15 orang yang pernah melakukan kontak erat dengan penderita infeksi Covid-19

“Oang-orang yang melakukan kontak erat dengan penderita Covid-19 dan menurut hasil pemeriksaan terindikasi terinfeksi virus akan langsung dimasukkan ke tempat isolasi terpusat sedangkan yang hasil pemeriksaannya negatif akan diminta menjalani isolasi mandiri dan diperiksa lagi lima hari sesudah pemeriksaan pertama,” tandanya.

E. Zulpan juga mengemukakan pentingnya penggiatan pelacakan kontak erat pasien Covid-19 untuk mencegah penularan penyakit meluas.

“Kalau dalam tracing ditemukan hasil positif, maka harus mau dilakukan pengawasan di tempat isolasi terpusat,” pungkasnya.

Penulis: Kahar
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...