Komunitas FIGUR, Hadir di Tengah Pandemi Berbagi Untuk Warga Kurang Mampu

  • Whatsapp

Hadir di Tengah Pandemi Covid-19, Figur Hadir Berbagi: 100 Sembako Siap Disalurkan

MAKASSAR, Suara Jelata—Berawal dari Pandemi Covid-19, salah satu Komunitas di Makassar yakni Figur, hadir sebagai Komunitas berbagi dalam kesederhanaan, baik sebagai donatur atau inspirator.

Bacaan Lainnya

“Berawal dari hal yang sederhana, Figur ingin menjadi bagian dari kebahagiaan mereka yang membutuhkan,” kata Ketua Komunitas FIGUR, Fitriyani M, dikonfirmasi via WhatsApp, Jumat (10/09/2021)

Fitri sapaan akrabnya menjelaskan, Figur yang juga berarti pusat perhatian memberikan makna, pihaknya ingin apa yang dilakukan dapat menjadi pusat perhatian banyak pihak seperti, masyarakat dan pemerintah.

Agar nantinya, dapat bergabung bersama Figur dalam melakukan kebaikan, baik sebagai donatur atau inspirator.

“Figur ingin mengampanyekan gemar berbagi kepada sesama. Jadi selain sebagai donatur, FIGUR juga ingin menjadi inspirator,” tuturnya.

Setiap sekali sebulan, lanjut Fitri, Figur menyalurkan bantuannya kepada masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi, seperti tukang becak, tukang bentor, hingga tukang sapu jalanan.

“Pertama kali kami membentuk Figur, kami hanya ada 12 orang. Dari 12 orang inilah kami kumpul-kumpul uang, setelah itu dibuat nasi bungkus 100 dos. Itulah yang kami bagikan kepada tukang becak,” ungkapnya.

Selanjutnya Fitri mengungkapkan, Figur juga mulai muncul sejak awal Pandemi covid-19, berangkat dari keresahan teman-teman Figur kepada sesama karena banyaknya yang terkena dampak Pandemi ini.

“Jujur kami yang 12 orang ini sebenarnya bukan orang yang mampu juga. Kami bahkan pernah menjadi anak santunan dari salah satu yayasan di Makassar. Mungkin dari situlah motivasi kami, kami juga ingin menjadi orang yang tangannya di atas,” ujar Fitri.

“Karena sesungguhnya, ketika berbagi meski itu sedikit entah mengapa ada rasa bahagia tersendiri dalam diri kami,” lanjutnya lagi.

Kegiatan berbagi tersebut, dilakukan di pagi hari menjelang siang dengan alasan agar orang yang diberi makanan bisa dimakan diwaktu makan siang.

“Kami baginya hari Ahad, awalnya ingin Jumat supaya kesannya Jumat berkah. Hanya saja rata-rata dari kami ini kerja, jadi kami pilih hari Ahad saja. Yang jelasnya kan hari apa saja itu tidak masalah, yang penting niatnya,” Jelas Fitri.

Tentunya, meski masih terbilang baru, namun kini Komunitas Figur sudah mampu merekrut sekira 20 donatur di Makassar berkat bantuan sejumlah pihak.

“Figur juga sudah membagikan sembako yang berisi kebutuhan sehari-hari dan didistribusikan kepada tukang sapu jalan, tukang becak, tukang bentor, dan yang lainnya,” ucapnya.

Untuk Ahad (12/09/2021) pekan ini, Figur sudah menyiapkan 100 paket sembako dengan rincian minyak goreng 1 liter, mie 10 bungkus, susu 1 kaleng, kopi 9 pcs, dan gula 1 kg. Semuanya itu akan dibagikan kepada tukang sapu jalan di subuh hari.

Komunitas FIGUR mengajak bagi siapa saja yang memiliki rasa sosial dan ingin membantu untuk bergabung. Bukan hanya sekadar materi tetapi juga tenaga.

“Kami sangat senang sekali jika ada orang baik yang ingin bergabung dengan FIGUR. Kami tidak hanya menerima materi tapi juga tenaga. Semoga apa yang kita lakukan bersama itu berkah. Jika ingin bergabung, silakan hubungi kami via DM di Instagram kami @figurcommunity,” pungkas Fitri.

Penulis: Jannah
Editor: Izhar
  • Whatsapp
loading...