Warga Miskin Disabilitas di Sinjai Selatan Butuh Uluran Tangan, Pernah Diusulkan Bedah Rumah

  • Whatsapp
Foto Caleng

SINJAI, Suara Jelata– Salah seorang warga Kecamatan Sinjai Selatan tepatnya tinggal di Dusun Jenna, Desa Polewali, saat ini butuh uluran tangan, baik itu dari masyarakat khususnya Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Staf Kesra Desa Polewali, Bahrun menuturkan, Caleng merupakan warga yang tinggal di Dusun Jenna Desa Polewali, Kecamatan Sinjai Selatan.

Bacaan Lainnya

“Kondisi rumah Bapak Caleng sesuai dengan foto yang beredar di WhatsApp, yakni cukup memprihatinkan. Apalagi, Bapak Caleng ini hidup sebatangkara sekaligus Tunarungu,” ucap Bahrun, via WhatsApp, Senin (13/09/2021).

Melihat kondisi tersebut, Bahrun berharap, semoga secepatnya terdapat uluran tangan, untuk membantu sesama manusia terkhusus kepada Caleng.

Ia menambahkan, bantuan yang diberikan dapat berupa seng bekas asalkan masih bisa digunakan.

Kondisi Rumah Caleng

“Lantaran ketika hujan kondisi di dalam rumah Bapak Caleng juga kehujanan, akibat dari seng atau atap rumahnya yang bocor,” ungkapnya.

Selain itu, Bahrun juga berharap agar rumah Caleng masuk dalam daftar warga yang diprioritaskan mendapatkan bantuan bedah rumah

Pemerintah Desa Polewali, Telah Upayakan Bantuan Kepada Caleng

Staf Kesra Desa Polewali, Bahrun mengungkapkan, sebenarnya sudah lama pemerintah Desa Polewali mengupayakan Bapak Caleng, agar mendapatkan bantuan daftar rumah tidak layak huni.

Namun, sampai saat ini belum tersentuh oleh pemerintah.

“Kami di desa telah memasukkan data sebanyak kurang lebih 75 rumah yang tidak layak huni di Desa Polewali, termasuk rumah Bapak Caleng melalui program Presiden,” ucapnya.

Namun lanjut Bahrun, yang terealisasi tahun ini 2021, hanya 15 unit rumah.

“Saat ini, masih tersisa sekitar 60-an unit rumah yang tidak layak huni, belum terealisasi atau belum mendapatkan bantuan pemerintah. Termasuk, pemilik rumah atas nama Bapak Caleng,” ungkapnya.

Bahrun menjelaskan, segala upaya dari Pemerintah Desa Polewali telah dilakukan, untuk mensejahterakan masyarakat di desa.

“Berbagai pintu ke pintu telah kami lalui. Baik membuat laporan ke Dinsos, aspirasi DPRD, pihak swasta, dari BASNAS, dan lain-lain,” bebernya.

Olehnya itu Bahrun berucap, semoga terdapat program bantuan dari pusat maupun program Dinas Sosial Sinjai.

“Untuk menjadikan prioritas atas nama pemilik rumah Bapak Caleng yang saat ini, sangat membutuhkan uluran tangan,” tuturnya.

Selain itu Bahrun juga bilang, saat ini pemuda pemudi Desa Polewali bergerak open donasi untuk rumah Bapak Caleng.

Penulis: Jannah
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...