Ternyata Seperti Ini Awal Mula Didirikan Hotel Rofina Sinjai

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Grand Rofina Hotel yang didirikan sejak tahun 2006 ini, awal mulanya merupakan rumah pribadi milik Fandi yang saat ini menjabat sebagai Manajer Hotel.

Waktu itu rumah tersebut, berlantai dua dengan sembilan kamar.

Bacaan Lainnya

“Fashion saya pada dasarnya suka bisnis olehnya itu, melihat ukuran rumah cukup besar dan ada peluang, teman-teman menyarankan kenapa tidak disulap menjadi hotel. Apalagi, bisnis hotel juga cukup menjanjikan,” tuturnya.

Apalagi ungkap Alumni SD 1 Sinjai ini, di Sinjai waktu itu masih kurang yang mengembangkan bisnis hotel, tepatnya hotel di Sinjai bisa dihitung jari, di antaranya Wisma Hawai, Srikandi, dan hotel Rosida hanya itu.

Fandi bilang, jika di antaranya ketika ingin mengembangkan usaha gencar melakukan promosi di Media Sosial (Medsos).

Namun, berbeda halnya dengan Manajer hotel Grand Rofina ini yakni, langsung menjalin kerja sama dengan beberapa travel online dan offline.

“Saya langsung join dengan Traveloka, Raja Kamar, serta beberapa travel lainnya. Hal itu, dilakukan agar memudahkan tamu untuk menjangkau Hotel Grand Rofina, karena sudah terdapat gambar juga harga yang dicantumkan, termasuk lokasi hotel. Sehingga, memudahkan tamu untuk mengakses Hotel Grand Rofina,” ungkapnya.

Tidak hanya itu Fandi kembali menjelaskan, awal mulanya hotel ini sebenarnya, diperuntukkan untuk sopir-sopir kampas yang datang membawa barang, apalagi saya juga memiliki toko elektronik.

“Biasanya pihak kampas setelah sampai di toko, ingin istirahat saya arahkan menginap di hotel ini. Karena, jika mencari penginapan cukup mahal waktu itu di Sinjai. Olehnya itu, saya buatkan hotel untuk sopir-sopir kampas,” ucapnya.

Namun, dengan berjalannya waktu Alhamdulillah, ternyata dilirik oleh beberapa masyarakat Sinjai, begitu pun masyarakat di luar daerah Sinjai termasuk wisatawan.

Olehnya itu, tamu yang datang di hotel ini, juga bervariasi bukan hanya masyarakat di daerah Sinjai, namun lebih banyak tamu dari Makassar, Bone.

“Biasanya kalau masyarakat Sinjai itu, jika ada pelatihan yang digelar di hotel ini, baru mereka menginap,” ujarnya.

Tentunya, Hotel Grand Rofina ini juga tidak kalah dengan hotel-hotel yang ada di kota besar seperti di Makassar, karena harga yang ditawarkan cukup bersahabat serta terdapat sistem nego, sekaligus khusus untuk sopir kampas Grand Rofina Hotel memiliki tarif tersendiri.

Begitu pun, dengan fasilitas hotel yakni, memiliki 43 kamar dengan empat tipe yakni, executive, junior deluxe, junior suite, dan suite sekaligus, dilengkapi dengan televisi, meja, kursi, AC, shower, dan harga yang dijualkan sudah include dengan breakfast.

“Harga yang kami tawarkan untuk tamu pada umumnya tarifnya berkisar Rp330 ribu, sudah termasuk breakfast. Namun, terkadang juga terdapat tamu yang melakukan tawar menawar seperti, tamu di daerah. Olehnya itu, kami juga menyesuaikan dengan kemampuan tamu, istilahnya bisa sistem nego,” jelasnya.

Ke depan kata Fandi, pihaknya akan terus menambah jumlah kamar Hotel Grand Rofina.

“Tentunya penambahan kamar ini secara bertahap, Insya Allah jika pembangunan di belakang hotel ini telah selesai nantinya hampir 100 kamar, 2024 hingga 2025,” tuturnya.

Diakhir, Fandi berucap, baru resmi mengelolah Hotel Grand Rofina pada saat usinya memasuki umur 23 tahun, lantaran Dirinya baru menyelesaikan pendidikan.

“Selain sebagai manager hotel, saya juga mengelolah toko elektronik, toko mebel, laundry, dan futsal,” pungkasnya.

Penulis: Jannah
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...