Pemkab Sinjai Sambut Baik Purna Paskibraka Diangkat Duta Pancasila

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Pemerintah Kabupaten Sinjai mengikuti webinar terkait peran pemerintah dalam rangka pembinaan ideologi pancasila (PIP) kepada generasi muda melalui program paskibraka, Kamis (16/9/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai Haerani Dahlan, Kepala Badan Kesbangpol Sinjai Akbar Juhamran, serta perwakilan dari Bappeda dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sinjai di Ruang Rapat Sekda Kantor Bupati Sinjai.

Bacaan Lainnya

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina mengatakan, PIP untuk Paskibraka merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021.

Dalam Perpres itu disebutkan PIP Paskibraka dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat nasional.

Selanjutnya, Paskibraka yang telah mengikuti PIP akan ditetapkan sebagai Paskibraka Duta Pancasila.

“Duta Pancasila nantinya akan berada di bawah organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia yang bertugas dan fokus pada pengarusutamaan Pancasila. Selain itu, mereka juga akan mendapat prioritas serta akses terhadap pelatihan dan pembekalan pengarusutamaan Pancasila,” jelasnya.

Usai mengikuti webinar ini, Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai Haerani Dahlan, mengatakan bahwa Pemkab Sinjai menyambut baik rencana ini sebab dengan adanya pembinaan ideologi pancasila dikalangan pemuda, dapar mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari

“Dalam webinar ini dibicarakan terkait pembentukan duta pancasila yang berasal dari purna paskibraka, diharapkan ada kolaborasi dari Sekretariat Daerah, Kesbagpol dan Dispora untuk membentuk organisasinya,” jelasnya.

Haerani menambahkan bahwa untuk tahun ini akan dibahas rencana pembentukan organisasi, program yang akan dilaksanakan hingga dalam hal penganggaran.

“Untuk aktualisasinya kita akan mulai tahun 2022 mendatang,” ujarnya singkat.

loading...