5 Perpustakaan di Sinjai Terima Penghargaan

News

SINJAI, Suara Jelata–Perpustakaan Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Peer Learning Meeting (PLM) Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang dibuka langsung oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Sulawesi Selatan, Hasan Sijaya. Rabu, (22/09/2021).

Kegiatan berlangsung sejak 21 sampai 22 September 2021 Via Zoom Meeting, dihadiri oleh Kepala UPT Perpustakaan Abdul Hadi dari Perpustakaan Nasional dan diikuti peserta dari 7 Kabupaten yaitu Bone, Maros, Soppeng, Luwu Utara, Toraja Utara, Bulukumba serta Sinjai.

Salah satu Peserta PLM, Mirfayani Mirsal mengungkapkan bahwa hal ini merupakan ajang belajar dan bertukar pengalaman antar Perpustakaan, memotivasi dan membangun kepercayaan diri untuk melaksanakan rencana kerja transformasi perpustakaan Kabupaten maupun Desa, dan memperkuat proses mentoring dan monitoring Perpustakaan Kabupaten dan Desa.

“Saat ini, Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai mendapat program dari Perpusnas untuk menggalakkan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan literasi,” ungkapnya.

Kak Yani, sapaan akrabnya, yang merupakan Fasilitator Daerah Kabupaten Sinjai, sebagai peserta terbaik bersama Plt. Kepala Desa Saohiring Rahmatullah Amir, menjelaskan bahwa Perpustakaan Daerah sejak tahun 2020 mendapatkan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dan pada tahun 2021 terdapat 5 Desa dari Kabupaten Sinjai menjadi penerima manfaat yaitu Desa Barania, Desa Polewali, Desa Saohiring, Desa Kalobba dan Desa Sukamaju.

“Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai dalam PLM Provinsi meraih peringkat ke 2 terbaik. Perpustakaan Desa Makkawarue, Desa Saohiring meraih perpustakaan terbaik ke 2 dan Perpusdes Barania meraih perpustakaan terbaik ke 4,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Arsip Sinjai, Mansyur Siddik, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Fasilitator Daerah dan ke 5 desa penerima manfaat TP BIS atas prestasi yang diperoleh.

“Pada kegiatan PLM ini, selamat kepada Perpustakaan Desa dan Fasilitator Daerah yang mendapat prestasi pada PLM Provinsi Sulawesi Selatan, semoga bisa berlanjut sampai ke tingkat Nasional, harapannya perpustakaan Desa semakin giat berkegiatan dengan melibatkan masyarakat untuk mensukseskan program TP BIS dengan tagline literasi untuk kesejahteraan,” kuncinya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: RihanEditor: Taqwa