Bupati ASA Intens Jalin Komunikasi ke Kementerian, Realiasi Bantuan Alsintan Lampaui Target

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Di tengah kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), target pemberian Bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Sinjai, pada tiga tahun terakhir ini telah melampaui dari target.

Kepala Dinas TPHP Sinjai, Kamaruddin Samma mengatakan, target bantuan Alsintan bagi petani setiap tahunnya, ditargetkan menyalurkan sebanyak 50 unit Alsintan.

Bacaan Lainnya

Olehnya itu, lima tahun ke depan target pemberian bantuan Alsintan sebanyak 250 unit.

“Target realisasi Alsintan sudah mencapai 100 persen lebih, padahal ini baru tahun ketiga. Kalau saya hitung-hitung terdapat 300 unit lebih Alsintan yang telah dibagikan kepada kelompok petani. Jumlah tersebut, tentunya telah melampaui target Pemda, ke depan Insya Allah akan bertambah terus,” katanya.

Ia menambahkan, tentunya pencapaian realisasi tersebut tidak terlepas dari bantuan Pemda, Provinsi termasuk Pemerintah Pusat.

Lantaran, bantuan pengadaan Alsintan selain pengadaan APBD Pemda Sinjai dan APBD Provinsi. Pengadaan bantuan Alsintan, lebih banyak atau lebih besar diperoleh dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian.

“Kemarin sesuai dengan dorongan Pak Bupati akhirnya, kita dapat bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian,” ucapnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, Pemda Sinjai bisa mendapatkan bantuan dari pusat untuk pengadaan Alsintan tersebut, dikarenakan ungkap Kamaruddin, Bupati selalu membangun komunikasi dengan Kementerian.

Salah satu komunikasi yang sering dilakukan ucap Kamaruddin adalah, Dinas PTHP atas arahan Bupati ASA selalu mengirim proposal ke Kementerian, terkait pencapaian visi-misi Bupati.

Tidak hanya itu Kamaruddin juga menyebut, di Sinjai terdapat sekitar 1.500 kelompok tani dan saat ini sementara melakukan kembali inventarisasi.

Dinas PTHP menghitung dari keseluruhan jumlah kelompok tani, sudah berapa yang telah menerima Alsintan, dan berapa yang belum.

“Supaya, semua kelompok tani bisa tersentuh, olehnya itu ke depan fokus kami peruntukkan Alsintan ini bagi kelompok tani yang belum tersentuh bantuan,” kuncinya.

 

Penulis: Jannah
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...