Rumah Bahagia Alef Taw Kota Magelang Resmi Dioperasikan

MAGELANG, Suara Jelata – Rumah Bahagia Alef Taw yang berlokasi di Kiringan, Tidar Utara, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah resmi beroperasi dengan sasaran para lansia. Gedung untuk kegiatan sosial merawat lansia itu diresmikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Magelang yang diwakili oleh Kabid Resos dan Dayasos, Ngatmini, S.E., Kamis (30/09/2021).

Rumah Bahagia Alef Taw didirikan oleh Yayasan Mercusuar Pemulihan Indonesia yang prakarsai oleh Pendeta Lukas Sutrisno. Adapun sasaran utama adalah para lansia sebatang kara, dan tidak memiliki saudara.

Lukas mengatakan dipilihnya nama Rumah Bahagia ini agar lebih berkesan positif. Karena dirinya ingin penghuninya bahagia sambil menunggu saat dipanggil Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami sengaja tidak memakai kata Panti, kami ingin membangun rumah yang bisa membuat bahagia para penghuninya. Meski di usia senja, jangan sampai mereka merasa sedih dan merana. Namun tetap bahagia hingga akhir nanti. Kita pilih sasaran yang tepat,” katanya.

Ditandaskan Lukas, untuk lansia yang tinggal di Rumah Bahagia tidak dipungut biaya alias gratis. Sementara untuk biaya operasionalnya, Lukas mengatakan dihimpun dari para donatur melalui Yayasan Mercusuar Pemulihan Indonesia.

“Saya yakin dan percaya, Tuhan akan mengalirkan rezeki dari tangan-tangan para dermawan untuk para lansia di Rumah Bahagia ini,” yakin Pendeta Lukas.

Luas bangunan Rumah Bahagia ini lebih kurang 600 meter persegi dengan perabotan dan fasilitas lengkap. Memiliki 14 kamar untuk 28 orang lansia, serta tenaga perawat yang profesional dan penuh rasa tulus.

“Ke depan akan kita kembangkan agar bisa menampung lebih banyak lansia,” pungkas Lukas Sutrisno.

Sementara dalam sambutannya, Kabid Resos dan Dayasos Dinas Sosial Kota Magelang, Ngatmini menyampaikan berdirinya Rumah Bahagia ini selaras dengan program Pemerintah, yaitu dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Sehingga keberadaannya dapat meminimalisasi lansia yang terlantar.

“Tidak kita mungkiri saat ini masih banyak para lansia yang terlantar. Untuk itu kami berharap Yayasan Mercusuar Pemulihan Indonesia terus menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Magelang dan stakeholder lainnya. Agar lebih baik baik lagi,” kata Ngatmini.

Selain tim dari Dinas Sosial Kota Magelang, hadir dalam peresmian tersebut Forkopimcam Magelang Selatan, Kepala Kelurahan Tidar Utara, para pengurus Yayasan Mercusuar Pemulihan Indonesia, dan para lansia yang telah mulai menghuni Rumah Bahagia Alef Taw. (*)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.