ALMASBIR: MTQ XXIX Jatim Akan Perkuat Nilai Dakwah Pesantren di Bumi Gerbang Salam

  • Whatsapp
Ketua Umum DPP ALMASBIR, Kholisin Susanto

PAMEKASAN, Suara Jelata— Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Aliansi Mahasiswa As-Syahidul Kabir (DPP ALMASBIR), Kholisin Susanto menilai pagelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX Jawa Timur 2021 akan mempekuat nilai dakwah pondok pesantren di Madura, khususnya di Bumi Gerbang Salam.

Dalam pelaksanaan MTQ Jatim kali ini, Kabupaten Pamekasan ditunjuk sebagai tuan rumah yang bakal digelar pada 2 hingga 11 November 2021 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, warga Pamekasan sebentar lagi akan menyambut ribuan orang dari 37 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Selain ajang silaturahmi dan memompa semangat Al-Qur’an kaum milenial, kegiatan ini akan memperkuat nilai-nilai dakwah pesantren sebagai lembaga dakwah yang konsisten mengamalkan isi Al-Qur’an itu sendiri” jelas Kholisin, Kamis, (14/10/2021).

Ratusan pesantren yang ada di Pamekasan, menurut Kholisin, dipastikan ikut merasakan kebahagiaan dengan akan dilaksanakannya festival akbar islami se-Jawa Timur itu.

“Sebagai alumni pesantren, saya juga ikut senang Pamekasan dipilih sebagai tuan rumah event saklar ini oleh Pemprov Jawa Timur” kata alumnus Pondok Pesantren As-Syahidul Kabir Sumber Batu Blumbungan tersebut.

Pria yang juga merupakan aktivis HMI Pamekasan itu juga mengajak kepada seluruh pemuda, mahasiswa dan mahasantri di Kabupaten Pamekasan untuk menyemarakkan nuansa MTQ di seluruh penjuru wilayah.

Sebab, lanjut dia, perhelatan akbar ini merupakan momentum untuk memperkenalkan kembali Kabupaten Pamekasan sebagai kota santri.

“Mari sambut dengan berbagai cara dan kekreatifitas yang kita miliki, mahasiswa dan mahasantri harus ikut andil dalam menyemarakkan MTQ ini,” tegasnya.

Selain itu, Kholisin juga mendoakan kafilah dari Kabupaten Pamekasan bisa menjadi juara umum di segala cabang lomba yang diikuti.

“Kita berharap semoga Pamekasan bisa mengukir prestasi jadi juara umum,” harapnya.

Sebelumnya, Bupati Pamekasan, H. Badrut Tamam menginginkan gaungan semangat MTQ ini disambut oleh semua lapisan masyarakat di Bumi Gerbang Salam. Karena, menurut bupati yang karib disapa Mas Tamam itu agar momentum apik ini juga bisa dirasakan oleh semua kalangan mulai dari sudut kota hingga ke plosok desa.

“Karena dalam pelaksanaan MTQ ini ada beberapa sukses yang harus kita capai. Sukses pelaksanaan, sukses protokol kesehatan, sukses ekonomi, dan sukses informasi,” tutur Mas Tamam.

Diketahui, MTQ XXIX Jawa Timur yang akan digelar di Kabupaten Pamekasan ini ada 12 venue, yakni di Gedung Pemuda Jalan Kabupaten, Pendopo Budaya Wakil Bupati Pamekasan, aula Bakorwil, aula Haji Kantor Kementerian Agama, aula IAIN Madura, aula Universitas Madura, aula PCNU Pamekasan, aula SMAN 2 Pamekasan, aula SMKN 2, aula SMKN 3, masjid As-Syuhada Pamekasan dan aula Balai Redjo.

Penulis: Hanafi
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...