Walikota Magelang Gelar Diskusi Bersama Direksi BUMD

KOTA MAGELANG, Suara Jelata – Walikota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz memberikan motivasi kepada seluruh direksi dan jajaran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kota Magelang. Motivasi diberikan pada Forum Diskusi BUMD di Taman Kyai Langgeng, Rabu (03/11/2021).

Kegiatan ini merupakan upaya pembinaan BUMD agar ke depan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Magelang. Dokter Aziz mengatakan, pandemi Covid-19 telah membawa dampak negatif terhadap bisnis yang dijalankan perusahaan daerah di wilayahnya.

“BUMD ini sangat penting keberadaannya sehingga perlu adanya pembinaan kepada direksi BUMD. Hal ini supaya mereka tidak merugi meskipun ada pandemi Covid-19,” katanya.

Menurutnya, BUMD sangat memungkinkan bangkit meski pandemi masih melanda. asalkan dengan cara-cara yang benar. Salah satunya, Dokter Aziz menyebut perencanaan, evaluasi, dan monitoring harus dilakukan dengan baik dan sesuai aturan.

“Cara untuk BUMD ini supaya tetap mendapatkan laba di tengah pandemi sebenarnya tidak sulit. Asalkan harus merencanakan dengan baik, ada evaluasi, dan monitoring. Sehingga mampu memberikan labanya untuk PAD kita,” ujarnya.

Dokter Aziz menjelaskan, BUMD pada dasarnya berbeda dengan organisasi perangkat daerah (OPD). Menurutnya, BUMD menyerupai perusahaan yang memiliki tanggung jawab menyumbangkan keuntungan dan disetorkan ke kas daerah. (*)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.