Penguatan Karakter dan Disiplin Penting Ditanamkan Sejak Dini

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Penguatan karakter dan disiplin sangat penting ditanamkan sejak usia dini. Hal itu seperti dilakukan SD Negeri Gelangan 2, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021) mulai pukul 08.00 WIB.

Kepala SD Negeri Gelangan 2, Erna Dwiningsih, S.Pd menuturkan dalam kegiatan penguatan karakter dan disiplin tersebut diikuti oleh siswa-siswi SD Negeri Gelangan 2 dan mengundang dua narasumber.

“Beliau adalah Bapak Dwi Toto Hermanto, M.Pd dan Bapak Wahyono, S.Pd,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut narasumber Wahyono mengatakan sangat penting membentuk karakter dan disiplin siswa sejak dini. Di era digital seperti ini, di mana dengan internet interaksi tak lagi terhalang jarak dan waktu.

“Hal dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku anak-anak usia dini. Maka menjadi hal krusial karena mereka akan lebih cepat menerima hal-hal baru baik positif maupun negatif. Sehingga sangat penting mengisi lembaran memori mereka dengan hal- hal yang positif,” katanya.

Menurutnya, dengan penguatan karakter dan disiplin siswa seperti ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar, membentuk mental yang kuat.

“Sehingga para siswa mempunyai kepercayaan diri yang baik dalam menyongsong masa depan mereka,” ujarnya.

Wahyono juga berpesan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tatap muka (PTM) agar tetap menerapkan protokol kesehatan karena faktanya Covid-19 masih ada.

“Tetap pedomani Prokes jangan lengah dan tetap semangat. Ingat adik-adik adalah kebanggaan orang tua, maka buatlah bangga orang tua dengan mampu berprestasi,” tutup Wahyono.

Sementara Dwi Toto Hermanto dalam paparannya menekankan pembiasaan baik harus dilakukan dengan pendampingan guru dan orang tua. Sehingga program pembiasaan benar-benar mampu membentuk karakter siswa SD Negeri Gelangan 2.

Kepala sekolah juga menambahkan dengan pendidikan karakter di usia dini diharapkan para siswa ke depan akan lebih mengerti. Serta mendorong mereka menjadi siswa yang baik.

“Tentunya selai berprestasi, juga berguna bagi nusa dan bangsa,” harap Erna Dwiningsih, S.Pd. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.