Walikota Magelang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Walikota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz menjadi Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 tingkat Polres Magelang Kota. Apel dilaksanakan di halaman Mapolres Magelang Kota, Polda Jawa Tengah, Kamis (23/12/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Kota Magelang atau yang mewakili, Kepala OPD jajaran Pemkot Magelang, Pejabat Utama Polres Magelang Kota dan Mitra Kamtibmas lainnya. Pasukan upacara diikuti dari unsur TNI, Polri, Pemkot Magelang, Damkar, PMI, dan beberapa Relawan Kota Magelang.

Walikota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz dalam membacakan amanat dari Kapolri menyampaikan bahwa Operasi Lilin 2021 yang diselenggarakan oleh Polri ini adalah Operasi terpusat. Juga secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan pagi ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022. Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya,” kata dr. Aziz.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

“Peningkatan pusat keramaian ini tentu sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcarlantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.

Dalam Operasi Lilin Candi 2021 tetap mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

“Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Magelang, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam Pengamanan Nataru. Selamat melaksanakan tugas pengabdian, jaga kondisi kesehatan serta utamakan keselamatan,” tutupnya.

Sementara, Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin secara terpisah menyampaikan bahwa Polri akan menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

Dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di Kota Magelang agar tetap aman dan kondusif, Asep membeberkan pihaknya telah melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) pada 17 sampai dengan 23 Desember 2021.

“KRYD akan dilanjutkan kembali pada tanggal 3 sampai dengan 9 Januari 2022 mendatang. Ini untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat pra dan pasca Operasi Lilin Candi 2021,” tambah Asep. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.