Terjebak Banjir, Pencari Rumput Diselamatkan Tim Evakuator Gabungan

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Seorang warga Kampung Gatukan, Dusun Sukoyoso, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, bernama Juni (50) mengalami kejadian tak terduga. Saat mencari rumput di delta sungai Progo wilayah Kelurahan Cacaban Kota Magelang, dia terjebak banjir sekira pukul 17.10 WIB, Senin (10/01/2022).

Juni (50) warga Sutopati, Kajoran, Magelang, terjebak banjir saat mencari rumput di delta sungai Progo wilayah Cacaban Kota Magelang, Senin (10/01/2022). (foto: Iwan/SJ)

Menurut keterangan Saksi kejadian, Mulyadi (61) warga Perum Puri Tuk Songo Cacaban, awalnya, sekitar pukul 15.45 WIB, Korban datang di Perum Puri Tuk Songo RT 4 RW 12 Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Kemudian korban menaruh motor di makam Tuk Songo kemudian pergi mencari rumput di lokasi sebuah delta di aliran sungai Progo.

“Diduga, Korban ini tertarik menyeberang ke delta karena di lokasi yang diapit dua aliran sungai Progo itu memang rumputnya lebih banyak dan lebat. Pada saat korban menuju lokasi cuaca tidak hujan dan air masih mengalir dengan debit air kecil, seperti biasa,” kata Saksi yang merupakan purnawirawan Polri ini.

Sekira pukul 16.00 WIB, lanjut Mulyadi, debit air sungai mulai membesar karena banjir kiriman dari hulu datang, sementara pencari rumput masih berada di lokasi. Namun melihat situasi aliran sungai yang banjir, kemudian pencari rumput (Korban) tersebut berteriak minta tolong ke warga Puri Tuk Songo Cacaban.

“Mendengar teriakan Korban, saya segera melaporkan kejadian ke pihak Basarnas dan instansi terkait untuk minta tolong mengevakuasi pencari rumput yang terjebak banjir itu,” terang Mulyadi.

Sementara itu, mewakili Danramil 01/Magelang Tengah, Serka Samsudin menjelaskan, pukul 17.00 WIB Tim Evakuator Gabungan tiba di lokasi. Anggota Tim mengajak komunikasi kepada pencari rumput agar tidak drop kondisinya. Baru sekira pukul 18.06 WIB, perahu LCR dari Basarnas Unit Borobudur tiba di lokasi Puri Tuk Songo.

“Pukul 19.05 WIB Tim Evakuator Gabungan bergerak menuju delta. Alhamdulillah, Tim berhasil mengevakuasi pencari rumput dengan menggunakan perahu LCR, dan Korban dalam keadaan baik dan sehat,” terang Serka Samsudin.

Babinsa Kelurahan Cacaban ini menyebutkan, Tim Evakuator yang terlibat d lokasi terdiri dari anggota Damkar Kabupaten Magelang, Basarnas Unit Borobudur Kabupaten Magelang, dan anggota Tim SAR Gabungan Kota dan Kabupaten Magelang. Juga personel PMI Kota Magelang, anggota Koramil 01/ Magelang Tengah, anggota Polsek Magelang Tengah, Garda Rescue, dan sejumlah Relawan. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.