Babinsa Desa Gandusari, Bantu Atasi Kesusahan Warga di Wilayah Binaan

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Pembinaan wilayah menjadi salah satu tugas pokok Babinsa. Baik dalam bentuk peningkatan kesejahteraan maupun kesulitan warga yang ada di wilayah binaannya.

Seperti dilakukan Babinsa Sertu Darkinah yang terjun langsung membantu kerja bakti. Kegiatan tersebut dilakukan bersama warga Dusun Jangkungan, Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (19/01/2022) mulai pukul 09.00 WIB.

Kerja bakti tersebut berupa membersihkan rumah milik Muslim (55) warga Dusun Jangkungan yang tertimpa tanah longsor akibat hujan lebat pada Selasa (18/01/2022) sore.

Sertu Darkinah anggota Koramil 03/Bandongan Kodim 0705/Magelang, di sela-sela membersihkan longsoran tanah mengatakan, bahwa dirinya selaku Babinsa wajib hukumnya membantu kesusahan rakyat di sekelilingnya.

“Setiap Prajurit harus mampu mengatasi kesulitan warga binaannya dalam berbagai macam persoalan, agar dapat terselesaikan dengan cepat,” ucap mantan Prajurit Gultor tersebut.

Sementara itu, Muslim yang rumahnya tertimpa musibah longsor sangat berterimakasih kepada Babinsa, Aparat Desa, para relawan dan warga setempat. Yang mana mereka dengan cepat tanggap melakukan evakuasi barang-barang berharga kami, maupun dalam pembersihan material longsor,” ungkap kakek bercucu 6 orang tersebut.

Di tempat terpisah, Danramil 03/Bandongan Kapten Inf Mabruron, membenarkan adanya peristiwa bencana alam yang menimpa salah satu warga Dusun Jangkungan. Juga kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh Babinsa di lokasi musibah.

Kapten Inf Mabruron mengaku memerintahkan setiap Babinsa untuk selalu tanggap akan permasalahan warga di wilayah binaannya.

“Untuk itu setiap langkah prajurit kewilayahan harus mampu mengayomi dan harus bisa menyelesaikan permasalahan di masyarakat,” terangnya.

Peran setiap Babinsa di lapangan, lanjut Kapten Mabruron, harus benar terwujud sesuai perintah harian Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

“Sesuai salah satunya dalam butir kelima yang berbunyi, TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat apa pun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi,” kata Danramil 03/Bandongan. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.