Pembenahan Sarana PorProv, Pemda Sinjai Alokasikan 14 Miliar

SINJAI, Suara Jelata—Anggaran yang dialokasikan Pemerintah Daerah Sinjai untuk Pekan Olahraga Pekan Olahraga Provinsi (PorProv), yang rencananya akan digelar pada September 2022 mendatang, sebanyak Rp14 miliar.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Sinjai, Hasir Ahmad mengatakan, jumlah tersebut diperuntukkan atau dibagi di antaranya, untuk anggaran sarana prasarana olahraga dan anggaran pada saat pelaksanaan PorProv.

Untuk anggaran sarana prasarana Rp8 miliar dan anggaran pelaksanaan Rp6 miliar.

Sehingga secara keseluruhan anggaran yang disediakan sebanyak Rp14 miliar.

“Anggaran tersebut berasal dari APBD Sinjai. Dan sampai saat ini anggaran yang dialokasikan untuk PorProv murni, masih menggunakan anggaran APBD Sinjai,” ucap Hasir, di Kantor DPRD Sinjai, Rabu (19/01/2021).

Lebih lanjut Hasir menjelaskan, adapun di dalam penggelaran PorProv kali ini, itu terbentuk dua kepanitian.

“Pertama panitia pelaksana dalam hal ini Kabupaten Sinjai, dan kedua panitia penyelenggara yakni, Provinsi,” jelasnya.

Olehnya itu kata Hasir, jika terdapat anggaran yang dialokasikan KONI provinsi, tentun nantinya dialokasikan pada kepanitian provinsi sebagai penyelenggara.
Sementara, Kabupaten Sinjai sebagai pelaksana.

“Jika terdapat anggaran yang masuk dari Provinsi, mungkin anggaran itu akan digunakan sendiri oleh Provinsi sebagai panitia penyelenggara. Di mana, anggaran tersebut tidak di bawah atau tidak dialokasikan ke Sinjai. Apalagi, terdapat beberapa hal yang dibiayai sendiri oleh Provinsi termasuk honor wasit dan lain-lain,” tutur Hasir.

Tidak hanya itu, Dia juga mengungkapkan, tahapan saat ini yang sementara berjalan adalah penyusunan perencanaan.

“Untuk pembenahan sarana dan prasarana olahraga di tangani oleh PUPR, dan sementara melakukan penyusunan perencanaan, setelah itu dilakukan lelang, dan pelaksanaan,” ujarnya.

Adapun tambah Hasir, jika mengikuti jadwal yang telah ditentukan, PorProv akan digelar pada September tahun ini 2022.

“Tepatnya dirangkaikan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.