Akademi Militer Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Berita | Nasional

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Akademi Militer (Akmil) menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Pancasila Akmil Magelang pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos, Sabtu (01/10/2022).

Selain Wakil Gubernur Akademi Militer, upacara diikuti oleh Perwira Tinggi Akademi Militer dan jajaran para pejabat Distribusi Akademi Militer. Serta Organik Militer/PNS dan para Taruna Akademi Militer.

Dalam amanatnya, Brigjen Erwin Djatniko menyampaikan, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

“Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa, Pancasila,” ucapnya.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, bangsa Indonesia akan selalu sadar bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa banyak pihak ingin menggantinya dengan ideologi lain. Bangsa Indonesia menjadi paham perjuangan mempertahankan Pancasila dengan darah dan nyawa para pahlawan.

“Sehingga, selain menghargai jasa para pahlawan, peringatan ini juga perlu dilakukan agar bisa menjadi cermin kita semua. Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus tidak lepas dari nilai-nilai pengalaman Pancasila,” tegas Brigjen TNI Erwin Djatniko. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.