Upaya Pemda Sinjai Dorong Pelaku UMKM Tingkatkan Penjualannya

Sinjai, Suara Jelata—Pemerintah Kabupaten Sinjai terus berupaya agar para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat meningkatkan penjualannya, khususnya memasarkan di pasar digital atau online.

Apalagi, saat ini terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat selama pandemi Covid-19 sehingga penjualan produk secara online menjadi peluang yang perlu dioptimalkan.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Sinjai A. Mandasini Saleh mengungkapkan bahwa Pemkab Sinjai melalui Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) terus mendorong digitalisasi pemasaran dan digitalisasi pembayaran.

Digitalisasi pemasaran ini dengan memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk yang dilimiliki oleh pelaku usaha.

Menurutnya, di era serba digital saat ini, penjualan produk sudah beralih ke digitalisasi dengan memanfaatkan media sosial dan market place untuk menjual produk.

“Ini yang kita dorong terus pelaku usaha bagaimana agar mereka bisa menjual produknya melalui media sosial seperti melalui facebook, instagram atau tiktok. Demikian dengan market place, produk bisa dipasarkan melalui tokopedia, shopee, bukalapak dan sejenisnya, ” jelasnya.

Upaya ini selain mudah dan praktis juga dapat memperluas pemasaran produk. Meski demikian pelaku usaha juga diminta untuk terus meningkatkan kualitas produk dan kemasan agar mudah dilirik oleh konsumen.

Sementara digitalisasi pembayaran, kata Andi Mandasini, Pemkab terus mendorong pelaku usaha maupun konsumen untuk memanfaatkan transaksi pembayaran secara non tunai.

Transaksi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Untuk memaksimalkan penggunaan QRIS, Pemkab gencar mensosilaisasikan metode ini dalam berbagai even, seperti yang pernah dilaksanakan yaitu Sinjai Local Fest.

“Ini kita maksimalkan agar semakin banyak penggunanya di Sinjai. Sosialisasi ini bukan hanya kita sasar pelaku usaha tapi juga konsumen. Makanya kami bersama pihak Perbankan terus gencar mensosilisasikan ini, ” katanya.

Bukan hanya kepada pelaku usaha, pemanfaatan QRIS juga sudah disiapkan dibeberapa obyek wisata yang ada di Sinjai.

“Pembayaran ini sangat aman, mudah dan sangat efektif, apalagi sudah banyak aplikasinya seperti ovo, gopay, link aja dan sejenisnya,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.