Kwarcab Kota Magelang Gelar Acara Pelantikan dan Pengukuhan Pramuka Garuda

Berita | DAERAH | PENDIDIKAN

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata Acara Pelantikan dan Pengukuhan Pramuka Garuda digelar Kwarcab Kota Magelang degan fasilitasi Kwarda Jawa Tengah. Sebanyak 15 Penggalang dan 11 Penegak dilantik di Ruang Reptaloka SMK Negeri 1 Magelang, Jumat (25/11/2022) pukul 14.00 WIB.

Usai dilantik, para Pramuka Garuda foto bersama. (foto: Iwan SJ)

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarda Jawa Tengah Drs. Kartono, M.Pd dan Ka Kwarcab Kota Magelang Hamzah Kholifi, S.Sos, M.Si. Juga hadir Ketua Harian Kwarcab Kota Magelang Waluyo, S.Pd, M.Pd, beserta pengurus, Ka Mabigus SMK Negeri 1 Magelang Drs. Sriyono, M.Pd.

Selain itu, turut hadir Ka Gudep SMK Negeri 1 Magelang I Nyoman Sudarma, M.Pd, serta para Penggalang dan Penegak terlantik beserta pendamping. Tak ketinggalan para orang tua dari 26 calon Pramuka Garuda.

Dengan seremonial pelantikan, 26 anggota Pramuka dilantik oleh Ka Kwarcab Hamzah Kholifi. Di mana sebelum dilantik dan dikukuhkan anggota Penggalang dan Penegak tersebut “sungkem” memohon doa dan restu kepada orang tua masing-masing.

Pelantikan dan Pengukuhan Pramuka Garuda berlangsung khidmat dan tertib. Usai pelantikan dilaksanakan penyematan Lencana Pramuka Garuda dan penyerahan piagam.

Dalam sambutannya, Ka Kwarcab Kota Magelang berpesan kepada Pramuka Garuda, jadikan pelantikan tersebut sebagai pemicu semangat mencintai tanah air.

“Teruslah belajar dan berlatih. Semoga adik-adik sekalian diberikan kemudahan dalam meraih cita-cita,” ucapnya.

Sementara Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarda Jawa Tengah Drs. Kartono menyatakan bangga dan memberi apresiasi kepada para Pramuka Garuda.

Menurutnya, prosesi mencapai predikat Pramuka Garuda melalui yang diawali dengan penilaian panjang, bukan hanya sekedar menyelesaikan ujian kecakapan. Namun ada hal lain yang membuat anggota Pramuka mampu meraih prestasi tertinggi dalam Gerakan Pramuka.

“Melihat adik-adik tadi mohon doa restu kepada orang tua dengan tulus dan sangat menyentuh, sungguh mengharukan. Mudah-mudahan kalian menjadi orang yang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara,” ujar Kak Kartono.

Diketahui, Pramuka Garuda yang dilantik tersebut akan mengikuti Lomba Tingkat (LT) IV Jawa Tengah di Semarang, Senin (28/11/2022).

“Lomba Tingkat IV Jawa Tengah merupakan kegiatan prestisius. Di mana peserta harus mampu menunjukkan performansi pengetahuan dan keterampilan yang maksimal,” pungkas Kak Kartono. (Iwan)

 

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.