Akpol Meriahkan Kirab Merah Putih Bhinneka Tunggal Ika

Berita | DAERAH
Akpol turut memeriahkan Kirab Merah Putih Bhinneka Tunggal Ika di Jalan Pemuda Kota Semarang, Minggu (27/11/2022). (foto: TBnews/Iwan SJ)

KOTA SEMARANG JATENG, Suara Jelata Pemerintah Kota Semarang menggelar Kirab Merah Putih Bhinneka Tunggal Ika dalam rangka Haul Habib Hasan Bin Thoha Bin Muhammad Bin Yahya dan Tradisi Penerimaan Taruna Akpol sebagai Warga Kota Semarang, Minggu (27/11/2022). Kirab yang dimeriahkan Akpol ini diikuti sekitar 5.000 orang dan memadati Jalan Pemuda, Kota Semarang.

Kirab Merah Putih ini dimulai dari depan Kantor Walikota Jalan Pemuda No. 148 dan finish di Lapangan Pancasila Simpang Lima. Tampak dalam acara Kirab Merah Putih Habib Lutfi bin Ali bin yahya bin Muhammad beserta Forkompimda Kota Semarang.

Turut menyemarakkan Kirab para peserta yang tergabung dari berbagai elemen masyarakat. Yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Akpol, Paskibraka, Komunitas, Pelajar, Banser, dan Tokoh Agama.

Plt. Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang biasa disapa Ibu Ita menuturkan, Kirab Merah Putih ini adalah bagian dari kebanggaan sekaligus penghormatan kepada Almarhum Habib Hasan bin Yahya. Almarhum mencatatkan sebagai ulama besar yang menjaga keutuhan NKRI dengan karomah serta dakwahnya.

“Maka dengan adanya Haul dan Kirab Merah Putih ini harapannya dapat menularkan semangat dan keteladanan beliau Habib Muhammad Yahya dalam menjaga kebhinekaan serta keutuhan NKRI. Jika dulu dengan mengusir penjajah kini saatnya kita bergotong-royong menjaga persatuan kesatuan NKRI. Sekaligus mengisi pembangunan termasuk di Kota Semarang ini, ” tuturnya.

Ibu Ita juga mohon doa terbaik dari Habib Lutfi serta para kiai untuk Kota Semarang dan bangsa Indonesia.

“Semoga kota Semarang dan bangsa Indonesia selalu dilindungi dan dijauhkan dari bencana dan warganya semakin sejahtera,” ucapnya.

Tak lupa Ibu Ita mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan Akademi Kepolisian atas kesempatan yang telah diberikan kepada keluarga besar Kota Semarang.

“Keberadaan Akpol juga sudah menjadi ikon di Kota Semarang dan bagi kami Akpol bukan saja sebagai warga Kota Semarang, tapi sudah menjadi bagian dari keluarga besar warga Kota Semarang,” tandasnya.

Sebelum kirab dimulai, dilaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh Habib Lutfi bin Ali bin Yahya bin Muhammad. Kemudian ditampilkan atraksi dari Marching Band Taruna Akpol Semarang. Pemberangkatan Kirab menuju Lapangan Pancasila Semarang dilakukan oleh Plt. Walikota Semarang, Hevearita G. Rahayu. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.