Tak Hanya Pandai Menyanyi, Elsa Mayora Juga Berprestasi di Sekolah

Elsa Mayora, selain pandai menyanyi juga berprestasi di sekolah. (foto: Iwan SJ)

SLEMAN DIY, Suara Jelata Di dunia panggung hiburan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), nama Elsa Mayora sudah tidak asing di telinga para penggemar musik terutama campursari dan dangdut. Remaja putri yang masih duduk di Kelas IX SMP Negeri 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang ini sering tampil di beberapa acara seperti pernikahan atau hiburan panggung.

Kepandaian bernyanyi ini sempat membawa pelajar bernama asli Ailsa Nirbita Khoiriyah ini lolos dalam Audisi Koplo Superstar ANTV yang digelar Rans Entertainment beberapa waktu lalu. Bahkan di tahun 2022 Elsa meraih Juara 1 Lomba Menyanyi Tunggal Tingkat Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Saya memang gemar menyanyi. Namun untuk dunia panggung, baru saya mulai saat duduk di kelas 4 SD,” katanya, Senin (02/01/2023) di rumahnya.

Elsa Mayora mengaku sejak itu dia kerap tampil di berbagai panggung dengan menyanyikan berbagai jenis lagu, seperti dangdut, campursari, pop dan religi. Kemudian seiring berjalannya waktu, Elsa mulai dikenal di daerah Jawa Tengah dan DIY.

Saat ditanya belajar vokal di mana, Elsa mengaku belajar secara otodidak. Hanya terkadang menguji diri dengan diiringi organ tunggal secara langsung di beberapa tempat live music.

“Ya hanya karena suka menyanyi saja. Jadi tidak belajar secara khusus. Belajar sendiri di rumah dengan karaoke, kemudian saya coba dengan iringan organ secara langsung. Ya saat main bersama orang tua ke beberapa tempat seperti café atau tempat lain yang ada live music di sana. Akhirnya terasah dan terbiasa,” akunya.

Namun ternyata penyuka singkong goreng ini tidak hanya pandai menyanyi di luar sekolah, namun bakat tarik suaranya ini juga mendukung prestasi yang membawa nama harum sekolahnya. Putri pasangan Kholis Miftahudin dan Riyanti ini sempat menjadi Juara 3 FLS2N cabang Menyanyi Tunggal Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2021.

Kemudian mendukung raihan Juara 3 Karawitan Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2021. Kemudian, meraih Juara Favorit Vokal Tunggal Bulan Bahasa Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2022.  Selain itu secara akademis, nilai-nilai di Buku Rapor-nya pun tidak mengecewakan dan Juara Kelas.

Elsa Mayora sebenarnya sudah banyak meraih prestasi sejak duduk di bangku TK, kedua orangtuanya melihat berbagai bakat pada anak kelahiran Magelang 10 Februari 2008 ini. Di rumahnya banyak terpampang berbagai trofi dan piagam kejuaraan, baik akademis maupun non akademis.

Tanpa mengganggu belajarnya, kini banyak tawaran job manggung yang datang kepadanya. Elsa Mayora kini tinggal di Gang Pandega Tamtama No. 32, Manggung, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY 55281. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.