Diresmikan Bupati ASA, Bangunan Pasar Udo Diharap Dapat Meningkatkan Perekonomian

News | PEMDA SINJAI
Bupati ASA saat meninjau sejumlah kios, lapak dan los Pasar Udo, Selasa, (24/01/2023). (Dok.Ist)

SINJAI, Suara Jelata— Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) meresmikan pemanfaatan bangunan Pasar Rakyat Udo di Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan. Selasa, (24/1/2023).

Bangunan Pasar Rakyat Udo sendiri dibangun di tahun 2022 lalu, menggunakan alokasi anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tugas pembantuan Kementerian Perdagangan sebesar Rp2,7 miliar.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita, oleh Bupati ASA serta peninjauan sejumlah kios, lapak dan los pasar yang bakal ditempati pedagang.

Bupati ASA mengatakan, revitalisasi pasar yang dilakukan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas perdagangan dengan harapan aktivitas pedagang maupun masyarakat dapat lebih nyaman dalam bertransaksi jual beli. Sebab, kesan pasar semrawut hilang dengan bangunan pasar yang telah tertata dengan rapi.

Dengan begitu, Bupati ASA berharap hadirnya bangunan baru Pasar Rakyat Udo dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar pasar, khususnya kepada pedagang pasar.

“Saya sangat gembira, Alhamdulillah bangunan baru pasar ini sudah siap ditempati. Harapannya kualitas perdagangan lebih baik dan perekonomian dapat meningkat lagi dari sebelumnya,” ucapnya di hadapan para pedagang.

Alumni Monash Melbourne Australia, ini turun menitipkan pesan khusus kepada para pedagang maupun warga sekitar untuk dapat menjaga fasilitas dengan baik, dan dipelihara sehingga dapat dinikmati dan bertahan dengan waktu yang cukup lama.

“Pemeliharaan kadang memang penting dari pembangunan, karena kalau pemeliharaan yang bagus, otomatis penggunaannya atau pemanfaatannya juga akan panjang. Saya harap bisa dijaga dan dimanfaatkan dengan baik,” ketusnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian perdagangan (Perindag) dan ESDM Sinjai, Muh Saleh, menjelaskan pasar yang berkonsep semi modern ini, akan menampung sekitar 76 pedagang, terdiri dari 16 kios, 20 lapak meja, dan 40 los atau hamparan.

“Jadi bangunan pasar ini akan ditempati oleh pedagang yang sebelumnya sudah kita data sebelum revitalisasi kita laksanakan,” pungkasnya.

Disebutkan, pasar rakyat ini juga dilengkapi dengan sarana pendukung lainnya, seperti kantor dan 2 toilet umum dan bak sampah kontainer penunjang fasilitas.

Persemian pemanfaatan Pasar Udo dirangkaikan dengan penyerahan bantuan logistik kepada warga terdampak bencana hidrometerologi di Kecamatan Sinjai Selatan dan Sinjai borong.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: ZhEditor: Syah