Ketua Bawaslu Buka Kelas Pemilu Netfid Sinjai Angkatan I

Sinjai, Suara Jelata—Network for Indonesian Democratic Society (NETFID) Kabupaten Sinjai mengelar kegiatan pembukaan kelas pemilu angkatan I di Aula Kantor Bawaslu Sinjai, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Jumat, (17/3/2023).

Dalam pembukaan ini di hadiri oleh Ketua Bawaslu Sinjai Muhammad Rusmin, Ketua Netfid Sulsel Sukrianto Kianto, KPU Sinjai Muhammad Arsal, Ketua Netfid Sinjai Saenal, Komisioner Bawaslu Sinjai Ahmad Ismail dan peserta kelas pemilu.

Kordinator pelaksana, Nurul Iffah menuturkan kegiatan ini bekerjasama dengan Bawaslu Sinjai dengan Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sulawesi Selatan dan berlangsung mulai 17-19 Maret 2023.

Kegiatan kelas pemantau pemilu kali ini mengambil tema “the end of democra-SICK”, yang biasa diartikan sebuah harapan dalam mengakhiri Demokrasi yang sakit.

Ketua Netfid Sulawesi Selatan Sukrianto Kianto menuturkan kegiatan ini sudah diadakan di lima kabupaten kota di Sulsel dan selama ini bermitra dengan Bawaslu.

Tujuan kelas pemilu tentunya akan mempelajari tata kelola Pemilu di Indonesia dan keahlian teknis mengenai Pemantauan dan Pelaporan Pelanggaran Pemilu menjadi poin penting dalam kegiatan pemantauan menyambut pesta demokrasi Indonesia 2024 mendatang.

“Kelas pemantau pemilu ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Sinjai Muhammad Rusmin patut memang kita memikirkan tentang demokrasi itu dan apa yang dilakukan oleh teman-teman Netfid patut kita apresiasi.

“Kelas demokrasi yang kita laksanakan ini, tujuan kita untuk mendekatkan pemilu ini kepada Masyarakat agar tidak ada kesan bahwa pemilu itu bukan hanya miliknya penyelengara namun masyarakat perlu untuk berpartisipasi,” terangnya.

Sehingga partisipasi masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu merupakan wujud dari perbaikan kualitas Demokrasi serta Pengawasan partisipatif oleh masyarakat dalam pemilu menjadi penting.

Adapun peserta kelas pemilu dari Kabupaten Netfid Sinjai, Netfid Bulukumba, Netfid Bone, Netfid Soppeng, Netfid Makassar, Netfid Luwu Raya dipastikan akan hadir yang berjumlah 25 orang.

Pematerinya ada dari Bawaslu RI, Bawaslu Sulsel, Bawaslu Sinjai dan Pengiat kepemiluan baik secara daring dengan menggunakan Zoom Meeting maupun bertatap muka langsung.

Kegiatan ini dirangkaikan rakerwil Netfid se Sulawesi Selatan yang diadakan di Kabupaten Sinjai.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: Izhar