Silaturahmi Kapolres Dengan FKUB Dan Para Tokoh Kota Magelang

Berita | DAERAH | Polri | Sosial
Kapolres Magelang Kota Polda Jawa Tengah AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M. bersilaturahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan para tokoh di Kota Magelang di Aula Mako 1 Polres Magelang Kota, Kamis (16/03/2023). (foto: HumasResMglKota/tik)

KOTA MAGELANG, Suara Jelata – Kapolres Magelang Kota Polda Jawa Tengah AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M. bersilaturahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan para tokoh di Kota Magelang di Aula Mako 1 Polres Magelang Kota, Kamis (16/03/2023).

Untuk menjaga kemitraan dan kedekatan dengan masyarakat, Kapolres AKBP Yolanda bersilaturahmi dengan FKUB dan beberapa tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kota Magelang. Kegiatan diselenggarakan oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Magelang Kota.

Dalam silaturahmi tersebut Kapolres AKBP Yolanda didampingi Wakapolres Magelang Kota Kompol Budiyuwono Fajar Wisnugroho, S.IP., M.H. dan Kasat Binmas AKP Edy Suryono, S.H., M.H. dan beberapa anggota Binmas. Juga dihadiri Ketua FKUB Kota Magelang K.H. Ismudiyono dan anggota, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kota Magelang sejumlah 30 orang.

Kegiatan Silaturahmi Kapolres Magelang Kota tersebut bertujuan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat pada Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023. Serta menciptakan situasi kondusif menjelang dan selama pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Magelang Kota.

Oleh karena itu Satbinmas Polres Magelang Kota juga mengundang Ketua KPU Kota Magelang Drs. Basmar Perianto Amron dan Wakil Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Magelang Abdul Rosyid, S.Pd.I., M.Hum untuk mengisi materi pada acara tersebut.

Kapolres Magelang kota AKBP Yolanda saat memberi sambutan mengatakan bahwa dalam rangka memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, maka Polri dalam hal ini Polres Magelang Kota terus menerus berupaya membangun kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat. Khususnya menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Juga dalam waktu dekat juga ada berbagai kegiatan keagamaan seperti Hari Suci Nyepi, Tahun Baru Saka 1945 dan Hari Wafatnya Isa Almasih.

“Kita harus memiliki persiapkan untuk menghadapinya dan membutuhkan sinergitas serta kolaborasi semua pihak termasuk FKUB Kota Magelang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda,” ungkapnya.

Diharapkan pesan-pesan Kamtibmas dapat tersampaikan kepada semua unsur potensi masyarakat, sehingga seluruh  kegiatan masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

“Dengan demikian masyarakat termotivasi untuk dapat bersikap tenang, tidak gelisah, tidak was-was. Serta tidak ada anarkis, bersikap arif dan bijaksana dalam menghadapi kegiatan keagamaan di masyarakat.” lanjut AKBP Yolanda.

Kegiatan ini untuk menjalin Komunikasi secara langsung intensif, berkesinambungan dan kerjasama antara Polri dan FKUB Kota Magelang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda menjalin hubungan yang baik dan harmonis. Serta wujud kerukunan, kekompakan, persatuan kesatuan.

“Serta kearifan dalam menghadapi setiap kemungkinan timbulnya permasalahan sosial yang terjadi dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Magelang Kota. Termasuk membantu Polri, TNI dan Pemerintah dalam penanganan imbas dari erupsi gunung Merapi. Sehingga kita dapat bersama-sama melakukan bersih-bersih kota, pembagian masker, menjelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023,” kata Kapolres Yolanda.

Dikatakan Yolanda, kemajuan teknologi informasi yang tidak bisa dibendung, khususnya media sosial, kerukunan umat beragama merupakan salah satu agenda setrategis. Sebagai fondasi ideal meletakan segenap upaya bersama mewujudkan Kamtibmas. Maka untuk tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif perlu adanya kerjasama antar instansi pemerintah dan swasta, juga peran toga, tomas, toda dan masyarakat pada umumnya.

“Saat ini masuk tahun politik rangkaian Pemilu 2024, dimana setiap kegiatan pemilu rawan terjadi ketegangan sosial dan konflik. FKUB sebagai wadah lintas agama memiliki peran penting sejak dini untuk berpartisipasi mewujudkan pesta demokrasi yang sukses dan terhindar konflik,” tambah Kapolres.

Sementara itu Ketua FKUB Kota Magelang Drs. Ismudiyono mengatakan pertemuan ini sangat penting dan sangat strategis terkait kerukunan beragama. Diketahui bersama Kota Magelang peringkat keenam toleransi se-Indonesia.

“Ini berkat kerjasama seluruh pihak yang mendukung adanya toleransi. Kerukunan dan toleransi sudah membudaya di Kota Magelang. Saya mewakili FKUB Kota Magelang mengapresiasi dan sangat berterima kasih kepada Kapolres Magelang Kota karena kami selalu dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang berkait dengan kerukunan di masyarakat,” ucap Drs. Ismudiyono.

Kegiatan juga diisi dengan penyampaian materi oleh Ketua KPU kota Magelang Drs. Basmar Perianto Amron terkait rangkaian serta aturan pelaksanaan Pemilu 2024. Juga penyampaian materi oleh Wakil Kepala Kemenag Kota Magelang dengan tema “Peran Da’i dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Bulan Suci Ramadan dan Pemilu 2024”. Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri foto bersama. (Atik)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.