Tim KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) kelompok 03 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”

Nasional | News

Jawa Timur, Suara Jelata-– (UPN JATIM) turut membantu kegiatan posyandu balita di Posyandu di Dusun Murangagung, Desa Kebondalem, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Senin (22/5).

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah cara pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh fasilitas kesehatan ibu dan anak.

Tujuan utama posyandu untuk mencegah angka kematian ibu dan anak saat proses persalinan. Ada beberapa kegiatan posyandu antara lain kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Imunisasi, dan Pemantauan gizi.

Kegiatan posyandu tersebut dapat menjadi pilihan untuk fasilitas kesehatan yang dekat dengan masyarakat, terutama untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan balita.

Ada banyak sekali manfaat mengikuti posyandu, diantaranya memberikan berbagai informasi tentang ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit.

Selain itu, mengikuti posyandu juga untuk memantau tumbuh kembang anak, menghindari resiko kekurangan gizi atau gizi buruk.

Kemudian hal lainnya yaitu untuk mendeteksi kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, serta memberikan imunisasi yang lengkap kepada balita.

Kegiatan posyandu ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB bertempat di Posyandu di Dusun Murangagung, Desa Kebondalem.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh tim KKN-T kelompok 03 yaitu mendampingi devisi kegiatan.

Selama pelaksanaan kegiatan, tim KKN-T kelompok 03 turut membantu kegiatan posyandu seperti menimbang bayi, mengukur lingkar kepala dan tinggi badan bayi.

Tim KKN-T kelompok 03 juga membagikan makanan 4 sehat 5 sempurna kepada balita dan anak-anak.

Untuk balita usia 6 bulan – 12 bulan diberikan bubur cerelac. Tim KKN-T kelompok 03 juga memberikan makanan basah untuk ibu dan anak-anaknya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: RlsEditor: Zh