PPK ORMAWA KPI UMSi Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Legalitas Pelaku Usaha

Tim PPK ORMAWA KPI UMSi melaksanakan sosialisasi program serta pelatihan legalitas usaha bagi pelaku UMKM di Aula Kantor Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (20/07/2023). (foto: Wahyuni)

SINJAI SULSEL, Suara Jelata Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Kelompok Penulis Ilmiah (KPI) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) melaksanakan sosialisasi program serta pelatihan legalitas usaha bagi pelaku UMKM. Kegiatan digelar di Aula Kantor Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (20/07/2023).

Program PPK ORMAWA KPI UMSi ini mengusung judul “Pengembangan Manajemen Enterpreneur Potensi Pariwisata Mallenreng Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat”. Kegiatan tersebur direncanakan berlangsung mulai bulan Juli ini hingga November 2023 nanti.

Dalam sosialisasi ini turut hadir Kepala Desa Panaikang Bahtiar, Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Sinjai, Muhammad Luthfi, Ketua Prodi Agribisnis Megawati, serta para pelaku UMKM.

Ketua Tim Program PPK ORMAWA, Asrul mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu menyukseskan kegiatan ini. Serta berharap kegiatan ini mampu membawa dampak yang baik bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM dan Pengelolah Wisata.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang membantu kami dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini, khususnya kepada Kepala Desa Panaikang yang sangat terbuka kepada kami. Serta kami berharap agar kegiatan kami ini dapat membawa dampak yang baik bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM dan Pengelolah Wisata Pantai Mallenreng,” ungkapnya.

Ketua KPI UMSi, mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing dan juga Pemerintah Desa Panaikang. Karena terbuka terhadap kegiatan ini serta berharap kegiatan ini dapat memberikan hal-hal baik.

“Terima kasih kami ucapkan kepada dosen pembimbing karena ini merupakan kali pertama kali kami lolos dalam kegiatan. Serta kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Panaikang karena mengizinkan kami berkegiatan di desa ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan hal-hal yang baik,” ucapnya.

Sementara itu Pembina KPI UMSi, Makmur menyampaikan bahwa Mahasiswa Tim PPK ORMAWA memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan tendensi kepada masyarakat agar ada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Insya Allah mahasiswa kami akan melaksanakan kegiatan selama beberapa bulan ke depan dan mereka memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan tendensi kepada masyarakat. Agar melalui kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutur Makmur.

Ia juga mengharapkan mahasiswa dalam menjalankan programnya mampu membuat atau menciptakan produk-produk UMKM yang ada di Desa Panaikang memiliki NIB dan label halal.

Mewakili Rektor Universitas Muhammadiyah Sinjai, Wakil Rektor I Muhammad Luthfi mengharap melalui kegiatan ini bukan hanya pengunjung wisata yang mendapatkan dampak.

“Tetapi juga masyarakat sekitar Sehingga wisata berkembang dan masyarakat juga maju,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Panaikang, Bahtiar mengucapkan terimakasih atas krencana kegiatan dari para mahasiswa UMSi di desanya. Diharapkan kegiatan itu membawa nilai lebih bagi masyarakat Desa Panaikang.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM dan pengelola wisata,” harapnya.

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri 22 peserta yang masing-masing sudah memiliki usaha, seperti penjual kue, makanan kemasan, jahit menjahit, produksi kue, kerupuk bawang, furniture, kue kering, kerajinan, dan penjual barang campuran. (Wahyuni)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.