Gunakan AWC, Polresta Magelang Bantu Air Bersih di Dusun Tepo Tegalrejo

Berita | DAERAH | Polri | Sosial
AIR BERSIH. Menggunakan AWC, Polresta Magelang Polda Jawa Tengah memberikan bantuan air bersih bagi warga Dusun Tepo, Desa Dlimas, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Rabu (04/10/2023). (foto: Narwan)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Humas Polri tidak hanya dilakukan secara seremonial saja, namun disambut pula dengan berbagai kegiatan positif. Salah satunya dengan inisiatif membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih karena terdampak musim kemarau.

Hal itu seperti dilakukan Polresta Magelang Polda Jawa Tengah, yaitu dengan memberikan bantuan air bersih bagi warga Dusun Tepo, Desa Dlimas, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Rabu (04/10/2023) pagi. Kegiatan dropping air bersih ini melibatkan kendaraan Armoured Water Canon (AWC) Satuan Samapta Polresta Magelang.

Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke-72 Humas Polri, AWC dikerahkan untuk menyediakan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kesulitan air bersih. Setidaknya  selama dua bulan terakhir, kemarau panjang mengakibatkan sumber air di beberapa wilayah menjadi kering, termasuk di Dusun Tepo, Desa Dlimas, Kecamatan Tegalrejo.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., yang diwakili oleh Kasi Humas Polresta Magelang Iptu Prapta Susila, S.H., M.M., Kapolsek Tegalrejo Iptu Triyoko, Kanit Dalmas Sat Samapta Polresta Magelang, Iptu Juwahir serta sejumlah personil Polresta Magelang. Selain itu, turut hadir pula personel Damkar Kabupaten Magelang, PDAM Kabupaten Magelang, dan PDAM Kota Magelang.

“Agenda ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Hari Jadi Ke-72 Humas Polri dengan mengusung tema ‘Humas Polri Presisi untuk Negeri Menuju Indonesia Maju’,” kata Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono ketika ditemui di lokasi terpisah.

Di lokasi kegiatan, Kasi Humas Polresta Magelang Iptu Prapta Susila menuturkan dalam dua bulan terakhir, Dusun Tepo, Desa Dlimas, menjadi salah satu wilayah yang paling terdampak oleh kemarau panjang. Sumur dan sumber air yang biasanya diandalkan warga telah mengering.

“ Akibatnya warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Maka sebagai upaya membantu masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih, Polresta Magelang mengambil langkah konkret dengan mengirimkan AWC-nya untuk menyediakan bantuan air bersih bagi warga Dusun Tepo ini,” tuturnya.

“Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat yang mengalami krisis akibat kemarau panjang. Kami ingin memberikan bantuan akses air bersih, dengan harapan tindakan ini dapat meringankan beban warga yang terdampak kekeringan,” lanjut Iptu Prapta Susila.

Kepala Desa Dlimas, Saebani, dalam keterangannya mengucapkan terima kasih kepada personel Polresta Magelang atas terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar. Ia berharap bantuan ini akan menjadi titik balik bagi warganya dalam menghadapi kesulitan air bersih yang mereka alami.

Sementara salah satu warga penerima air bersih, Hadi Sulamin mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan air bersih yang diterimanya bersama warga Dusun Tepo.

“Saya bersyukur dan berterima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan oleh Polresta Magelang. Saya berharap kekeringan ini cepat berlalu dan segera bisa teratasi,” ungkap Hadi Sulamin.

Iptu Prapta Susila menambahkan, dalam suasana peringatan HUT Ke-72 Humas Polri, inisiatif yang menunjukkan kepedulian sosial seperti ini mampu memberikan harapan dan semangat untuk bersama-sama membangun Indonesia yang lebih maju dan berkeadilan.

“Kami berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Serta dapat menjalin semangat gotong-royong di antara masyarakat,” pungkasnya. (Nar)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.