O’MAMA, Inovasi Percepatan Penurunan Stunting di Kota Ternate

Berita | DAERAH | Lifestyle
Walikota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman memakaikan rompi kepada personel ojek online, dalam peluncuran O’MAMA Andalan, Senin (12/02/2024). (foto: Ateng)

KOTA TERNATE MALUT, Suara Jelata Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Kesehatan meluncurkan inovasi dalam rangka percepatan penurunan stunting, yaitu Ojek Makanan Mama (O’MAMA) Andalan. Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah guna penurunan stunting relevansinya dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Fathia Suma, M.Kes menuturkan pemberian makanan tambahan ini dilakukan pada 27 Bumil (Ibu Hamil) di Kota Ternate. Dikatakan, 27 Bumil tersebut masuk dalam kategori Kekurangan Energi Kronis (KEK).

“Pemberian makanan tambahan tersebut berlangsung selama 90 hari. Dalam interval waktu tersebut Ibu Hamil (Bumil) dapat mengkonsumi makanan tambahan yang pendistribusiannya dilakukan oleh Ojek Andalan. Interval waktu pendistribusian dimulai bulan Oktober hingga Desember 2023 kemarin,” tutur dr. Fathia Suma kepada awak media ini, Senin (12/02/2024).

Seorang ojek online OMAMA Andalan sedang menyerahkan makanan tambahan kepada seoran ibu hamil (Bumil). (foto: Ateng)

Dari inovasi tersebut memberi side effect (dampak yang ditimbulkan) berupa hasil positif. Terjadi peningkatan status gizi pada Ibu Hamil sebagaimana pembuktian hasil pantauan Dinkes setiap dua minggu sekali.

Kepala Dinas Kesehatan berharap program ini tetap sustainable atau terus berkelanjutan demi kesehatan Ibu Hamil (Bumil).

“Kegiatan pendistribusian makanan tambahan untuk Ibu Hamil ini masih tetap dilanjutkan di Tahun 2024. Pengantaran menu makanan siang yang memiliki kandungan gizi seimbang ini telah dihitung takaran gizinya oleh petugas gizi. Untuk menunya dibuat bervariasi setiap hari,” tutup dr. Fathia. (Ateng)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.