Sempat Terhenti karena Musim Tanam, Pemdes Cipelem Sebut Akan Lanjutkan Pembangunan Talud JUT

DAERAH

BREBES JATENG, Suara Jelata Pemerintah Desa (Pemdes) Cipelem, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes mengaku akan melanjutkan pembangunan talud Jalan Usaha Tani (JUT) yang ada di lingkungan RT 01 RW 02.

Kesanggupan untuk melanjutkan pembangunan talud JUT tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Desa Cipelem Tomi Santoso, Minggu 3 Maret 2024.

Kepada awak media, Tomi menyebut kalau berdasarkan hasil perhitungan ulang dari konsultan, memang ada kekurangan volume pekerjaan talud JUT di RT 01 RW 02 sepanjang 60 meter.

Dimana, kalau diuangkan proyek tersebut hanya menyisakan anggaran sekitar Rp.15 juta.

“Kita sebelumnya sudah mengundang Bapak Nurfaidin,ST sebagai konsultan teknis. Dan dari hasil penghitungan beliau, hanya menyisakan volume pekerjaan 60 meter saja. Dan dari sisa volume tersebut, kami pun siap untuk menyelesaikannya,”ujar Tomi.

Kepada wartawan, Tomi juga menceritakan tentang kronologis diberhentikannya proyek talud JUT di RT 01 RW 02. Di mana saat itu terjadi proyek warga/petani yang tengah melakukan masa tanam.

Dan untuk mendukung kelancaran warga dalam bertani, maka semua pihak sepakat untuk pembangunan talud JUT diberhentikan sementara lantaran dianggap mengganggu kegiatan tanam.

Di sisi lain, tambah dia, bertepatan dengan itu juga sedang ada kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) yang dilaksanakan oleh pihak kecamatan untuk seluruh pekerjaan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2023.

Dan dari hasil monev tersebut, tim lapangan menemukan adanya kelebihan pekerjaan yang sama di titik lain, tepatnya di RW 06. Atas kelebihan pekerjaan itu, tim Monev kemudian merekomendasikan agar pekerjaan dihentikan. (Olam).

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.